Foto bersama: Pemateri dengan Peserta pada kegiatan sosialisasi LLC dan Workhsop Penulisan bertajuk BSA Millenial Writing Workshop di Geudng Auditorium FUAD. Selasa, (29/10/2019) 

HUMAS IAIN CIREBON – Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati melalui  Literacy and Literature Corner (LLC) menggelar kegiatan sosialisasi LLC dan Workhsop Penulisan bertajuk BSA Millenial Writing Workshop di Geudng Auditorium FUAD. Selasa, (29/10/2019)

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) mengangkat tema ‘Merangkai Kata, Mengolah Rasa dan Mencipta Karya’ dan diikuti oleh ratusan mahasiswa BSA. Kehadiran LLC sebagai ruang epistemik di jurusan BSA berorientasi pada peningkatan produktifitas karya tulis mahasiswa, khususnya dalam bidang bahasa dan sastra.

Pojok literasi ini berupaya memberikan kontribusi pemikiran yang konstruktif dan pengabdian pada wilayah pengkajian dan pembudayaan literasi di IAIN Syekh Nurjati. Dalam kegiatan tersebut turut hadir sebagai narasumber diantaranya; Erfan Gazali, peneliti dan sekretaris jurusan BSA, Husain Ali redaktur Radar Cirebon dan Mohammad Andi Hakim, founder GISAF dan Kordinator LLC.

Andi Hakim, kordinator LLC  menuturkan bahwa tujuan substansial dari kegiatan pelatihan ini adalah membekali mahasiswa yang termasuk bagian dari generasi millenial secara teoretis dan praktis tentang penulisan fiksi dan non fiksi. “Melalui pelatihan ini diharapkan milenial BSA bersama LLC mampu meningkatkan pemahaman tentang penulisan sebagai bekal untuk berkarya, bukan justru terjerumus dalam pergaulan kekinian yang kontra-produktif.

Mengingat hasil karya mahasiswa akan diterbitkan oleh Jurusan melalui pendampingan dari LLC” Ungkap Andi yang juga dosen BSA IAIN Syekh Nurjati. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Erfan Gazali selaku sekretaris jurusan BSA, menurutnya hutang intelektual mahasiswa adalah pada seberapa banyak karya yang telah dihasilkan. Studi yang dilakukan selama bertahun-tahun seharusnya tidak cukup hanya dengan satu karya ilmiah berupa skripsi.

Lebih lanjut Erfan menegaskan bahwa Jurusan BSA memberikan fasilitasi dan mentoring kepada mahasiswa untuk menulis dan mempublikasikan karya tulisnya. “Fasilitasi yang diberikan Jurusan bersama LLC bersifat intensif dan komprehensif. Mahasiswa diberikan pendampingan mulai dari pembiasaan membaca, pengkajian teori bahasa dan sastra hingga praktik penulisan dan publikasi karya mahasiswa” Tegas Erfan.

Dr. Hajam, M.Ag, Dekan FUAD IAIN Syekh Nurjati menyambut baik kegiatan pelatihan  ini. Menurutnya, pembudayaan literasi ini sejalan dengan visi dan program Fakultas dalam bidang literasi akademik. Mengingat FUAD sedang gencar-gencarnya meningkatkan kompetensi dan produktifitas publikasi ilmiah civitas akademiknya.

“BSA bersama LLC mengambil inisiatif lebih cepat dengan menyajikan wadah bagi mahasiswa untuk berkarya, dan ini merupakan sejarah baru di FUAD. Pelatihan ini juga menjadi sangat penting sebagai pendidikan literasi dasar bagi mahasiswa. Sehingga pada saatnya berkarya, mahasiswa telah matang secara pemahaman dan metodologi” Ungkap Dr. Dr. Hajam, M.Ag, M.Ag.

Ratusan peserta terlihat antusias dengan materi-materi yang disampaikan. Salah satunya tentang penulisan kreatif pada media massa cetak dan elektronik. Disampaikan oleh Husain Ali, redaktur Radar Cirebon tersebut menguraikan dengan detail jenis-jenis penulisan jurnalistik hingga tips and tricks menaklukan media massa.

Menurutnya menulis dimedia massa adalah salah satu ukuran karya seorang diapresiasi oleh masyarakat, karena jumlah pembacanya yang beragam dan massif. Lebih lanjut, alumni IAIN Syekh Nurjati tersebut menjelaskan menulis adalah proses integratif antara membaca dan berdialektika. “Menjadi penulis artinya kita sedang berkarya untuk keabadian. Menggoreskan kegelisahan-kegelisahan melalui olah rasa dan olah kata”. Tutur Husain saat memberikan materi.

Gilang, ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan BSA merasa senang mengikuti kegiatan ini. Menurutnya. peran strategis kita sebagai mahasiswa harus dipotimalkan melalui aktivitas menulis dan berkarya. “Mewakili teman-teman Mahasiswa BSA, kami merasa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat. Mengingat asah soft skill seperti ini tidak didapatkan diruang-ruang kelas. Dirinya bersama mahasiswa BSA lainya berkomitmen memenuhi janji Jurusanya agar Januari 2020 lahir karya-karya besar mahasiswa dalam bentuk buku berbagai genre” Pungkasnya

Bagikan ini: