Shelving, Weeding  dan Pengolahan Buku Rusak di perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Perpustakaan merupakan tempat para mahasiswa-mahasiswi menggali ilmu pengetahuan. Perpustakaan juga bisa disebut sebagai ruang publik yang terbuka bagi siapa saja untuk memperkaya literasi atau sekedar berdiskusi. Oleh karena itu, tidak salah jika Perpustakaan sering disebut sebagai jantung dari sebuah universitas, termasuk di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Menyadari akan pentingnya peran dan fungsi Perpustakaan tersebut, maka Tim Pengelola Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki salah satu program kegiatan yaitu Shelving, Weeding  dan Pengolahan Buku Rusak. 

Shelving adalah kegiatan mengelompokan dan menyortir buku berdasarkan nomor klas baik yang ada di meja bacaan maupun yang ada di rak buku. Weeding adalah memeriksa kondisi fisik buku, jika kondisi fisik buku masih baik maka buku akan dikembalikan dan disusun kembali di rak, dan jika kondisi fisik buku sudah tidak baik maka akan dibawa ke bagian pengolahan buku rusak. Pengolahan Buku Rusak adalah alur teakhir setelah Shelving dan Weeding. Pada bagian ini, buku rusak akan dipilah berdasarkan beberapa kategori sesuai tingkat kerusakan (ringan, sedang & berat) untuk kemudian dilakukan perbaikan.

Jadikanlah perpustakaan sebagai bagian dari diri kita, maka segala yang ada didalamnya sudah seyogyanya menjadi tugas kita juga untuk menjaga dan memeliharanya. Mudah-mudahan Perputakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon tetap jaya dan konsisten sebagai salah satu faktor penunjang lahirnya generasi penerus bangsa dan agama yang berkualitas.

 

Bagikan ini: