Institut Agama Islam (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Asessment Pengisian Jabatan Administrator dalam rangka mengisi kekosongan jabatan dan dalam rangka mendukung Marge Sistem di Kementerian Agama RI. Jabatan yang kosong di lingkungan IAIN Cirebon yaitu Jabatan administrator yakni Kabag Umum dan Layanan Akademik. Adapun calon peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 4 peserta yang telah mengikuti beberapa persyaratan minimal III/d dan pernah menduduki jabatan pengawas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ir. Sunarini, M.Kom (Kepala Biro AUAK IAIN Cirebon), Dr. Asro’i, M. Pd. (Analis Kepegawaian Ahli Madya / Koordinator pada Bagian Asesmen dan Bina Pegawai Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama), dan tim Asessment External Biro Kepegawiaan Sekjen Kemenag RI. Senin, (27/02/2023).
Dr. Asro’i, M. Pd dalam sesi wawancara menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya Kemenag RI dalam rangka mendukung Marge Sistem di Kementerian Agama yang mana rotasi dan mutasi pegawai dilaksanakan berdasarkan beberapa aspek seperti kualifikasi jabatan, kompetensi, dan kinerja. “Uji kompetensi ini merupakan bagian dari upaya kementerian agama tentang marge sistem, dimana rotasi, mutasi pegawai didasaarkan pada 3 aspek yakni : kualifikasi (jenjang pendidikan), kompetensi (asessment calon pegawai), kinerja“.
Beliau menambahkan, kegiatan uji kompetensi ini merupakan bagian dari aspek yang kedua yakni aspek kompetensi yang mana calon peserta dihadapkan dengan penguji/asessor selama 1 hari penuh. Peserta akan diberikan beberapa pertanyaan oleh tim asessor yang nanti hasilnya merupakan kompetensi yang dimiliki peserta sebagai bahan persyaratan menduduki jabatan yang dilamar.
Beliau menambahkan, Kegiatan uji Kompetensi yang dilakukan IAIN Cirebon untuk menyeleksi beberapa calon peserta (kualifikasi, kompetensi, dan kinerja) yang telah memenuhi syarat dan selanjutnya akan dipilih 3 peserta terbaik melalui Baperjak yang diketuai oleh Warek II, sebagai sekretaris Kepala Biro AUAK yang beranggotakan para dekan, yang hasilnya selanjutnya diusulkan ke Biro Kepegawaian Sekretarit Jenderal Kementerian Agama RI, yang nantinya akan dipilih 1 peserta sebagai Kepala Bagian Pejabat Administrator.
Beliau berharap, IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke depan ” Harapannya ke depan, pemetean kompetensi di IAIN Cirebon ini tidak terbatas jumlahnya sehingga nanti selain yang 4 orang ini, lembaga punya bank data sehingga suatu ketika ada pejabat yang pensiun atau dimutasi, IAIN sudah memiliki prifile pegawai atau penggantinya, selain diperlukan untuk uji kompetensi, juga untuk melihat profile pegawai yang cocok untuk duduk di posisi yang sesuai“.
Ir. Sunarini, M.Kom dalam sesi wawan cara menyampaikan terkait kegiatan asessment yang dilakukan untuk menduduki jabatan administrator Kabag Umum dan Layanan Akademik di Lingkungan IAIN Syakeh Nurjati Cirebon yang sedang kosong, untuk itulah IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar asessment pegawai yang telah mendaftar dengan melalui beberapa persyaratan yakni : kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Nanti hasilnya akan dipilih 3 terbaik dan diusulkan ke Biro Kepegawian Sekjen Kemenag RI dan akan dipilih 1 terbaik untuk menduduki jabatan yang kosong. “Ini adalah kegiatan asessment bagi calon peserta untuk menduduki jabatan administrator, ini memang suatu tahapan yang dilalui kalau kita ingin mengisi jabatan administrator, nanti ini akan kita kirimkan hasilnya ke sekretaris jendral yang sebelumnya dirapatkan melalui baperjakat, siapa 3 orang yang akan diusulkan pada asessment ini yang nantinya akan ditetapkan oleh pak sekjen pejabatnya “.