Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) Ke VII, kembali di gelar Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, yang akan berlangsung selama 4 Hari kedepan. Hari ini merupakan Opening Ceremony yang di buka dan diresmikan secara langsung oleh Prof. Dr. Phil H. Kamarudin Amin (Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agma RI). Selasa, (24/04/08). IPPBMM merupakan kegiatan rutin yang diadakan 1 kali dalam kurun waktu dua tahun.
IPPBMM berawal dari kegiatan regional, yaitu sejawa dan madura yang terakhir di laksanakan di IAIN Tulung Agung, dan kemudian merambah ke tingkat nasional untuk tahun sekarang. Sebanyak 31 PTKIN seluruh Indonesia, 18 dari Jawa dan Madura dan 13 dari luar Jawa dan Madura. Sebanyak 1243 atlet seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan IPPBMM ke VII, dan 300 Official untuk mendampingi atlet dari masing-masing PTKIN. Sebanyak 20 cabang kegiatan yang akan di perlombakan dalam IPPBMM ke VII tahun ini, 9 cabang olahraga, 9 cabang seni dan 2 karya ilmiah.
Prof. Dr. Phil H. Kamarudin Amin (Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agma RI) dalam sambutannya beliau sangat apresiasi dan merespek betul atas inisiasi pelaksanaan kegiatan IPPBMM ke VII, yang akan menjadi instrumen dalam pengembangan karekter mahasiswa.
Sebagai generasi mileneal mahasiswa setidaknhya memiliki tiga hal yang akan diwujudkan dalam kegiatan IPPBMM ke VII ini, yang pertama adalah karakter. Karakter adalah sesuatu yang sangat fundamental dalam era revolusi industri saat ini, ada karater moral dan ada karakter kinerja. Karakter moral adalah, kejujuran, integritas, tawadhu yang selama ini diajarkan di PTKIN.
Karakter kinerja adalah kecerdasan, kemandirian, kerja keras, komitmen dan memiliki cita-cita yang tinggi. Karakter moral dan kinerja harus dipadukan dan dimiliki oleh setiap mahasiswa PTKIN. IPPBMM merupakan salah satu instrumen yang dikembangkan di PTKIN untuk mewujudkan karakter moral dan karakter kinerja.
Yang kedua adalah kompetensi. Komptensi wajib dimiliki oleh anak-anak generasi mileneal yang akan hidup jauh lebih menantang dari pada saat ini.
Yang ketiga adalah literasi, literasi sosial, literasi digital sebagai karakter revolusi generasi ke empat, yang telah diajarkan dan dikembangkan di PTKIAN. Dengan adanya kegiatan IPPBMM ini bisa menghasilkan sesuatu yang produktif untuk mewujudkan anak-anak bangsa yang memiliki literasi, kompetensi, dan memilki karakter.