UIN Siber Cirebon – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Nurjati Cirebon yang juga dikenal dengan Cyber Islamic University (CIU) menggelar acara pelepasan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) untuk Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 secara daring pada Senin, 27 Agustus 2024. Acara ini dihadiri oleh 1037 mahasiswa yang akan memulai praktik lapangan di berbagai sekolah di Kota dan Kabupaten Cirebon, dan dipimpin langsung oleh Dekan FITK, Dr. H. Saifuddin, M.Ag., melalui platform Zoom.
Pembekalan oleh Dekan FITK
Dalam sambutannya, Dr. H. Saifuddin, M.Ag., menekankan pentingnya kegiatan PLP sebagai komponen kunci dalam pembentukan kompetensi profesional calon guru. “PLP bukan sekadar formalitas akademik, tetapi sebuah pengalaman nyata yang akan membentuk cara pandang, keterampilan, dan sikap profesional kalian sebagai calon pendidik,” ujarnya. Beliau mengingatkan bahwa kegiatan ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah ke dalam situasi nyata di sekolah.
Distribusi Mahasiswa ke 101 Sekolah di Cirebon
Sebanyak 1037 mahasiswa akan didistribusikan ke 101 sekolah yang mencakup berbagai jenjang pendidikan, mulai dari RA/TA hingga SMA/SMK. Penempatan mahasiswa dirancang strategis untuk memberikan pengalaman yang beragam kepada setiap peserta PLP, sekaligus mendukung kebutuhan pendidikan di wilayah tersebut. “Dengan menempatkan mahasiswa di berbagai jenjang pendidikan, kami berharap mereka dapat memahami dinamika yang berbeda-beda di setiap tingkat pendidikan, sehingga dapat memperkaya perspektif mereka,” jelas Dr. Saifuddin.
Peran Penting Dosen Pembimbing Lapangan
Sebagai pendamping dalam pelaksanaan PLP, sebanyak 91 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) akan berperan penting dalam mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan lapangan mahasiswa. Dr. Saifuddin menegaskan bahwa DPL bukan hanya sekadar pendamping, tetapi juga mentor yang akan membantu mahasiswa mengoptimalkan pengalaman lapangan mereka. “Kami berharap mahasiswa dapat mengatasi tantangan di lapangan dan mengembangkan solusi kreatif yang berlandaskan teori dan praktik pendidikan yang mereka pelajari,” tambahnya.
PLP: Langkah Awal Menuju Profesionalisme Guru
PLP merupakan bagian dari kurikulum yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis yang relevan dengan profesi guru. Mahasiswa akan mengembangkan kemampuan dalam perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, evaluasi, serta interaksi dengan siswa dan kolega di lingkungan sekolah. Dekan FITK menekankan bahwa pengalaman ini sangat berharga dalam membentuk karakter dan profesionalisme mahasiswa sebagai calon guru.
Tantangan dan Harapan di Masa Depan
Dalam acara pelepasan ini, Dr. Saifuddin mengingatkan mahasiswa bahwa dunia pendidikan saat ini menghadapi berbagai tantangan, baik dari perubahan kurikulum, perkembangan teknologi, maupun dinamika sosial. Oleh karena itu, beliau berharap mahasiswa dapat menggunakan pengalaman PLP ini untuk mengasah kemampuan adaptasi dan inovasi mereka. “Guru harus siap menghadapi perubahan dan mampu berinovasi untuk menjawab tantangan zaman,” ujarnya.
Penutupan dan Harapan
Menutup acara pelepasan, Dr. Saifuddin berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik almamater dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dan berkarya selama melaksanakan PLP. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para kepala sekolah dan guru di 101 sekolah yang telah bersedia menjadi mitra dalam kegiatan PLP ini. “Kerjasama ini sangat penting bagi suksesnya kegiatan PLP, dan kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut di masa depan,” tutupnya.
Dengan berakhirnya acara pelepasan ini, seluruh mahasiswa peserta PLP Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 secara resmi siap untuk menjalani praktik lapangan di berbagai sekolah di wilayah Cirebon, sebagai bagian dari pengabdian mereka di dunia pendidikan.