Mahasiswa PGMI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Presentasikan Hasil Risetnya pada Ajang International Conference and Competitions 2024

UIN Siber Cirebon – Empat mahasiswa dari jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, berhasil menunjukkan prestasi gemilang dalam ajang internasional “FITK Creative International Conference and Competitions 2024.” Keempat mahasiswa tersebut adalah Sinta Rahmawati, Ajeng Damayanti, Wida Mulia, dan Novi Zahra Lestari. Selasa, (25/06/2024).

Dalam acara yang diselenggarakan oleh FITK ini, para mahasiswa PGMI mempresentasikan hasil penelitian mereka yang beragam dan inovatif. Sinta Rahmawati, dengan judul penelitian “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkannya berhasil memperoleh validasi yang sangat baik dengan skor 96,36% dari ahli media, 80% dari ahli bahasa, dan 86% dari ahli materi. Media ini terbukti efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi pembagian bilangan dengan dua angka.

Ajeng Damayanti mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama ‘TARI’ Taman Safari untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran IPA di kelas V MI An-Nur Kota Cirebon.” Media diorama yang dikembangkannya memperoleh validasi sangat baik dari ahli media (90%), ahli materi (92%), dan praktisi guru (96%). Media ini terbukti sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Wida Mulia membawa hasil penelitian berjudul “Strategi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pengajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar.” Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, berdasarkan uji Wilcoxon dengan nilai sig. < α (0.000 < 0.05).

Novi Zahra Lestari mempresentasikan penelitiannya berjudul “Studi Komparasi Media Pembelajaran Augmented Reality Ditinjau dari Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV MI AL-HIDAYAH GUPPI.” Penelitiannya menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan media gambar.

Kepala Program Studi PGMI, Dr. Ahmad Arifuddin, M.Pd., memberikan apresiasi tinggi kepada keempat mahasiswa tersebut. Ia terus mendorong mahasiswa PGMI lainnya untuk ikut serta dalam berbagai event internasional guna mengembangkan ilmu dan kemampuan mereka. “Saya berharap mahasiswa PGMI terus mengembangkan ilmunya dengan berani mempresentasikan hasil penelitiannya di berbagai ajang internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dr. Ahmad Arifuddin mengajak para mahasiswa PGMI untuk terus berkarya dan berprestasi dengan terlibat dalam berbagai ajang international conference dan international competitions sebagai sarana untuk mengembangkan keilmuan, khususnya dalam bidang pendidikan dasar.