
UIN Siber Cirebon – Satuan Pengawas Internal Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon melakukan Entry Meeting Audit Kinerja Perjalanan Dinas di Lingkungan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (01/07/2025) bertempat di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat lantai II UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Acara ini merupakan awal dari tahapan audit yang dihadiri oleh Wakil Rektor II. Prof. Dr. H. Jamali, Kepala SPI UIN SSC Budi Affadi, Para Kepala Bagian Rektorat dan Fakultas, para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Para Bendahara dan Bendahara Pembantu, Pengelola Keuangan serta Tim SPI UIN SSC.
Dalam Sambutannya Wakil Rektor II, Prof. Dr. H. Jamali menegaskan bahwa pengawasan internal sebagai suatu instrument manajemen yang tidak bisa dihilangkan dalam tata kelola manajemen yang baik. Pengawasan oleh SPI sebagai bentuk early warning sebelum dilakukan pengawasan oleh Inspektorat Jenderal maupun Pengawas Eksternal baik BPK maupun KAP. Pengawasan yang dilakukan SPI UIN SSC merupakan praktik baik yang patut diapresiasi untuk perbaikan kinerja manajerial UIN SSCBudi Affandi, Kepala SPI UIN SSC yang bertindak sebagai Pengendali Teknis dalam tim audit menegaskan bahwa pengawasan internal memegang peranan vital, peran ini tidak sekedar mencegah dan mendeteksi penyimpangan, tetapi juga menjadi katalis untuk perbaikan berkelanjutan. Demikian halnya audit kinerja perjalanan dinas yang tengah dilakukan oleh SPI adalah sebagai bentuk pengawasan berdampak yang memiliki jejak signifikan bagi perbaikan manajerial khususnaya tata kelola perjalanan dinas di lingkungan UIN SSC.
Selaku Ketua Tim Audit, Ludfi Anjayani memaparkan bahasan ruang lingkup, tahapan dan mekanisme audit kinerja perjalanan dinas, yang beranggotakan terdiri dari; Abdul Wakhid, Umamatul Bahiyah, Haulah Nakhwatunnisa, Makmuri Ahdi, Mohammad Iqbal, Saiful Ansori, dan yang menarik dalam audit kinerja SPI kali ini adalah keikutsertaan empat orang auditor ahli pertama SPI UIN SSC pengadaan CPNS 2024, yaitu Tri Hartini, Defiyanti Maulina, Agil Fatkhurrahman, Dewi Murtasimah.
Sesuai rencana, audit ini akan dilaksanakan dalam 3 tahap audit, tanggal 01/07/25 Entry Meeting, 02-30/07/25 Fieldwork audit dan klarifikasi serta Exit Meeting di tanggal 31/7/25.