Sub Bagian Layanan Akademik Biro AUAK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Audit Mutu Internal (AMI) Bersama LPM untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Akademik

UIN Siber Cirebon – Sub Bagian Layanan Akademik Biro AUAK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, yang juga dikenal dengan Cyeber Islamic University (CIU), menggelar kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon untuk memastikan peningkatan kualitas layanan akademik. Kegiatan ini menghadirkan dua auditor berpengalaman, yakni Hj. Ery Khaeriyah, S.Ag., M.A., dan Zaenal Mutaqin, M.I.Kom., sebagai pemimpin proses audit. Jum’at, (27/09/2024).

Hj. Ery Khaeriyah, S.Ag., M.A., menyampaikan bahwa tujuan dari Audit Mutu Internal ini adalah untuk mengevaluasi dan menilai sejauh mana program dan layanan di Sub Bagian Layanan Akademik telah memenuhi standar dan prosedur operasional yang berlaku. “Kami memastikan proses audit berlangsung secara objektif dan menyeluruh, sehingga hasil evaluasi dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan mutu layanan akademik di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon,” ujarnya.

Zaenal Mutaqin, M.I.Kom., sebagai auditor lainnya, menjelaskan bahwa proses audit mencakup evaluasi terhadap berbagai aspek, termasuk manajemen, proses layanan, fasilitas, dan sumber daya manusia. Seluruh tim di Sub Bagian Layanan Akademik menunjukkan komitmen dan kerja sama yang tinggi selama pelaksanaan audit, memastikan semua data dan informasi yang diperlukan disiapkan dengan baik dan akurat.

Kasubbag Layanan Akademik UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Mahmudin, S.E., menjelaskan bahwa proses audit mutu internal ini terdiri dari 38 instrumen yang mencakup layanan akademik dan tata kelola. “Selain melakukan audit, tim juga melakukan sharing mengenai proses AMI, termasuk instrumen-instrumen dan template-template yang perlu dilengkapi untuk kebutuhan AMI di tahun berikutnya,” ungkapnya.

Analis Data Akademik, Hartawan, S.I.P., menambahkan bahwa masukan dan arahan yang diberikan oleh tim auditor sangat bermanfaat untuk proses layanan dan tata kelola mengenai manajemen mutu di Sub Bagian Layanan Akademik. Hasil dari audit ini akan segera ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana perbaikan dan pengembangan yang lebih terarah.

Kepala Bagian Layanan Akademik dan TUPRT UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Zainal Arifin, S.Ag., menegaskan komitmen Sub Bagian Layanan Akademik untuk terus berinovasi dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan layanan akademik berkualitas tinggi. “AMI ini menjadi momentum penting dalam menjaga dan meningkatkan standar mutu pendidikan di lingkungan universitas,” ungkapnya.

Dengan AMI ini, Sub Bagian Layanan Akademik Biro AUAK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon berharap dapat terus mengembangkan layanan yang inovatif, responsif, dan sesuai dengan standar mutu pendidikan tinggi yang berlaku, sehingga menjadi bagian penting dalam mendukung visi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon sebagai universitas berdaya saing global.