UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Pelatihan Digital Marketing Batch Dua: Komitmen Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik di Era Digital

UIN Siber Cirebon – Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kompetensi digital di kalangan tenaga pendidik dan pengelola universitas. Dalam menghadapi tantangan digitalisasi, UIN Siber Syekh Nurjati menggelar Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing dan Sosial Media Marketing. Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Digital Teknologi Informasi Indonesia, kegiatan ini terbagi menjadi dua batch, dengan batch pertama dilaksanakan pada 03-06 Juni 2024.

Peserta batch kedua terdiri dari Ketua Jurusan (Kajur) dan Sekretaris Jurusan (Sekjur) dari Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Kepala/Sekretaris UPT Mudir Ma’had, Kepala/Sekretaris UPT Pusat Pengembangan Bahasa, Kepala/Manager PPID, Ketua/Sekretaris LPM, Kepala Pusat-pusat LPM, Kepala/Sekretaris Laboratorium Terpadu, Kepala SPI, dan Ketua/Sekretaris LPPM di lingkungan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital dalam pemasaran dan pengelolaan media sosial yang semakin penting di era digital saat ini. Senin, (03/06/2024).

Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag., Rektor UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing dan Sosial Media Marketing serta penguasaan digital marketing dan sosial media marketing bagi para tenaga pendidik dan pengelola universitas. “Di era digital ini, kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan institusi dan program-program pendidikan sangatlah krusial. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan inovatif, serta mampu mengelola media sosial dengan lebih baik,” ujar Prof. Aan Jaelani.

Prof. Aan Jaelani, juga menegaskan, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pengelolaan informasi dan komunikasi di lingkungan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. “Melalui pelatihan dan sertifikasi ini, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan praktis yang langsung dapat diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari,” tambahnya.

Chiska Nova Harsela, MP, Dewan Pengarah LSP Digital Teknologi Informasi Indonesia, menyatakan bahwa sebagai mitra dalam kegiatan ini, LSP menghadirkan para instruktur dan fasilitator yang berpengalaman di bidang digital marketing dan sosial media marketing. “Mereka memberikan materi yang komprehensif mulai dari dasar-dasar pemasaran digital, strategi konten, analisis data, hingga teknik-teknik lanjutan dalam mengelola kampanye media sosial,” ungkapnya.

Chiska Nova Harsela, MP, menegaskan bahwa pelatihan ini 70% adalah praktikum dan diskusi, sehingga diharapkan interaksi aktif dari para peserta guna memaksimalkan hasil dari pelatihan.

Pelaksanaan batch kedua yang direncanakan berlangsung selama empat hari disambut antusias oleh para peserta. Mereka mengungkapkan bahwa materi yang diberikan sangat relevan dan aplikatif, serta berharap dapat segera menerapkan ilmu yang didapat untuk meningkatkan branding dan promosi institusi.

Dengan adanya program pelatihan dan sertifikasi ini, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon semakin siap menghadapi tantangan digitalisasi dan memanfaatkan teknologi informasi untuk kemajuan institusi. Kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing tinggi di era digital. Dengan demikian, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon terus berkomitmen untuk menjadi institusi pendidikan yang adaptif dan inovatif di tengah perkembangan teknologi yang pesat.