Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Berhasil Menyabet Medali Emas Pencak Silat dalam Ajang Sultan Kacirebonan Cup

 

Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang tergabung dalam UKM Shabura mengikuti ajang Sultan Kacirebonan Cup yang dilaksanakan tanggal 28 November 2021 bertempat di gelanggang Bima Cirebon. Shabura IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengirimkan tiga atlit, yaitu  Moh. Ilham Shahrul Khan, Moh. Rafli, dan Sahrul Hidayat berhasil meraih 2 emas dan 1 perak dalam kejuaraan tersebut. Senin (29/11/2021).

Salah satu perserta yaitu Moh. Ilham Shahrul Khan menjelaskan keikutsertaan dirinya dalam ajang Sultan Kacirebonan Cup berawal dari informasi dari group dan terus mengikuti perkembangannya dan memenuhi persyaratan dan masuk mengikuti pertandingan. “Awalnya Saya dapat informasi kejuaraan dari grup keluarga besar paguron. Saya daftar melalui link yang tertera di proposal, kemudian langsung memenuhi persyaratan yang diajukan, dan besoknya langsung tanding”.

beliau pun, bercerita soal pencak silat yang baru ia geluti kembali setelah masuk IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada tahun lalu. “SMP pernah ikut (pencak silat), cuma satu semester saja itupun hanya untuk kegiatan eskul, karena dulu peserta didik baru wajib ikut eskul. Lalu pasif sampai kelas 3, kelas 3 saya berlatih gulat, mengikuti POP kota antar pelajar se-Kota Cirebon dan meraih juara 3. SMK non kegiatan selama tiga tahun, dan baru menggeluti silat pas masuk IAIN, di UKM Sabhura,” ujarnya.

Beliau menambahkan, pada Desember mendatang dirinya akan mengikuti kejuaraan pencak silat di Jatinangor. “Saya harap bisa mendapatkan medali emas lagi di sana”. Beliau juga mengungkapkan keinginannya untuk menjadi atlet kebanggaan kampus di kejuaraan pencak silat antar kampus Islam. “Saya juga berharap bisa mengikuti dan memenangkan tiap kejuaraan yang diadakan dengan membawa nama kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon”.