IAIN Cirebon Bekerja Sama Pihak Kepolisian Gelar Kegiatan Penguatan Mutu Bagi satuan Pengamanan Kampus

IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui bidang Subbag Tata Usaha, Perlengkapan dan Rumah Tangga mengadakan kegiatan Peningkatan Mutu untuk Satuan Pengamanan, Sabtu, (26/11/2022).

Kasubbag Tata Usaha, Perlengkapan dan Rumah Tangga, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Azis Mutaqim, SE, menjelaskan, kegiatan peningkatan mutu tenaga satuan pengamanan ini bertujuan, agar satuan pengamanan di lingkungan IAIN ini menjadi satuan pengamanan yang terlatih, profesional dan bertanggungjawab dalam tugas dan fungsinya sehingga tercipta ketertiban dan keamanan di lingkungan kampus.

Azis juga menjelaskan, pada kegiatan ini pihaknya mengundang dua narasumber, pertama Kasat Binmas Polres Cirebon dengan materi tentang Etika Satpam, kemudian narasumber yang kedua dari Kasat Intel Polres Cirebon Kota dengan materi terkait perizinan pelaksanaan kegiatan di kampus.

Mengenai materi etika ini, kata Azis, menyangkut lingkungan yang tertib dan aman, dan mengenai materi yang kedua, diharapkan para satuan pengamanan memahami alur kegiatan, di mana nantinya, apabila ada mahasiswa yang melaksanakan kegiatan dapat mengarahkan.

“Yakni bagaimana cara prosedur, atau bagaimana cara perizinan suatu kegiatan,” kata Azis.

Dijelaskan, pada kegiatan ini, lanjut Azis, peserta yang dilibatkan yakni dari satuan pengamanan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati sebanyak 31 anggota. Kemudian ditambah 4 orang yakni 2 orang narasumber dan 2 orang moderator.

Terkait kegiatan ini, Azis berharap, selain pihak satuan pengamanan, rwkan-rekan di Subag Tata Usaha juga harus memahami bagaimana cara mengamankan dan melindungi aset-aset negara.

“Jadi bukan hanya tugas satuan pengamanan saja, tetapi kita sebagai tenaga kependidikan juga menjaga apa yang menjadi kewajiban kita sebagai aparatur sipil negara,” ujarnya.

Kapolsek Kesambi, IPTU Rudiana, SH,MH tengah memberikan materi saat menjadi narasumber pada kegiatan penguatan mutu pada Satuan Pengamanan kampus.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota melalui, Kapolsek Kesambi, IPTU Rudiana, SH, MH yang dalam kegiatan ini sebagai narasumber menyatakan, pada kegiatan ini pihaknya mendapat permohonan dari kampus IAIN untuk menjadi narasumber pada kegiatan peningkatan mutu untuk satuan pengamanan di lingkungan kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Rudiana juga menjelaskan, pembinaan security atau pengamanan satpam di kampus IAIN ini adalah sebagai bentuk tanggungjawab mereka dan harus dijalankan dengan baik.
Sehingga dengan kegiatan ini, diharapkan tanggungjawab tugas dan keamanan serta kenyamanan kampus terus terjaga.

“Itulah tugas pokok pengamanan yang harus dilakukan oleh satuan pengamanan di lingkungan kampus IAIN Cirebon, yakni mereka bisa menjaga keamanan dengan baik, dan mereka bisa mengantisipasi serta mengambil langkah-langkah cepat jika terjadi sesuatu,” ujarnya.

IPTU Rudiana menambahkan, bahwa dengan adanya kegiatan ini, juga bisa menjadi wawasan bagi para Satuan Pengamanan kampus. Sehingga dalam melangkah dan dalam tugasnya itu tidak salah.

Bagikan ini: