Lanjutan PkM Dampingan; LP2M IAIN Cirebon Gelar Pelatihan Kalibrasi Arah Kiblat di Pesantren Al Jazuli Kejambon Losari

Sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan, LP2M menggelar kegiatan Pelatihan Kalibrasi Arah Kiblat kepada Pengurus DKM se-Kecamatan Losari. Kegiatan ini digelar selama dua hari, Rabu-Kamis tanggal 12-13 Oktober 2022 di Pondok Pesantren Al Jazuli Kejambon desa Karangdempel Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Kalibrasi Arah kiblat bisa juga disebut dengan uji akurasi atau uji ketepatan dari arah kiblat yang sudah ada.

Acara dibuka dengan Pembacaan ayat-ayat Suci Al Quran oleh salah satu santri Pesantren Al Jazuli dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Hj. Khaeriyah, MA selaku Ketua Panitia PkM. Mengawali sambutan beliau menyampaikan terima kasih kepada segenap tim, para peserta, dan khususnya kepada tuan rumah atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan Pelatihan ini merupakan lanjutan dari rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kluster Dampingan dan Binaan Berbasis Masjid yang dilaksanakan oleh LP2M di Losari sejak tahun sebelumnya, tahun 2021. Tahun sebelumnya, Pelatihan yang telah dilaksanakan mengambil tema Manajemen Kemasjidan.

“Kegiatan Pelatihan ini merupakan rangkaian Pendampingan yang sudah dilaksanakan sejak tahun kemarin, agar berkesinambungan. Kami mengambil tema Kalibrasi Arah Kiblat ini, sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk mendapatkan kesempurnaan ibadah”. Ujarnya yang masih aktif sebagai Sekretaris LP2M. “Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, hari kedua akan ada dampingan langsung oleh tim ke lokasi masjid untuk mengkalibrasi arah kiblat”. Lanjut beliau.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Pimpinan Pesantren Al Jazuli Kejambon, KH. Ridlwan Tobroni. “Kami ucapkan terima kasih kepada tim dari Kampus IAIN Cirebon yang berkenan menjadikan Al Jazuli ini sebagai tempat Pelatihan Arah Kiblat ini. Sekaligus kami mohon maaf jika banyak kekurangan terkait tempat dan sebagainya” Ungkap beliau.

Sambutan terakhir sekaligus membuka acara Pelatihan disampaikan oleh Kepala Pusat PkM, Dr. H. Mahbub Nuryadien, M.Ag. Mahbub menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan ini karena memang masih banyak diantara masjid-masjid di sekitar kita yang belum tepat arah kiblatnya. “Kebetulan kami ada Prodi baru, yakni Ilmu Falak yang sesuai dengan tema kegiatan kita pada kesempatan ini. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk Bapak para Pengurus Masjid se-Kecamatan Losari”. Ungkap beliau.

Acara dilanjut dengan pemaparan materi oleh Narasumber tim Dosen Jurusan Ilmu Falak IAIN Syekh Nurjati.

Bagikan ini: