LPM IAIN Cirebon Gelar FGD, Evaluasi BKD untuk Tingkatkan Kinerja Kualitas Mutu Kampus

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon selama dua hari,  Rabu – Kamis (8-9 September 2021) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD), terkait Beban Kinerja Dosen (BKD) dalam rangka peningkatan kinerja kualitas mutu institusi.

Kepala LPM IAIN SNJ Cirebon, Dr H Ayus Ahmad Yusuf, M.Si, menyatakan bahwa kegiatan FGD ini merupakan kegiata rutin yang dilaksanakan oleh LPM dan ini sifatnya adalah proses evaluasi dan proses pengembangan.

“Artinya, di Lembaga Penjaminan Mutu itu punya program terkait dengan bagaimana menciptakan budaya mutu di kampus IAIN Syekh Nurjati ini,” terang Ayus Ahmad Yusuf, Rabu (8/9/2021).

Dijelaskan, Kegiatan proses penciptaan mutu ini, di antaranya adalah selain kita mengevaluasi kinerja dosen dari sisi indeks nya, kita juga mengevaluasi beban kinerja dosen nya, apakah memenuhi atau tidak.

Proses dari pemenuhan beban dosen itu, kata Ayus Ahmad Yusuf  dilihat dari 4 komponen, yaitu pertama dilihat dari sisi pendidikan dan pengajarannya, Kedua dari sisi penelitian, kemudian yang ketiga dilihat dari sisi pengabdian kepada masyarakat nyaman keempat dilihat dari sisi penunjangnya.

“Nah ini kita rutin evaluasi apakah di dalam penilaian BKD ini ada yang perlu diperbaiki atau sudah cukup. Nah kegiatan dua ini adalah dalam rangka itu,” jelasnya.

Ayus Ahmad Yusuf berharap,  ke depan budaya mutu di kita terus meningkat, semakin membaik.  Dengan terciptanya sistem budaya mutu kita yang semakin baik maka akan tercapai kualitas layanan kepada mahasiswa akan semakin baik.

“Nah ketika proses layanan semakin baik, maka output nya atau lulusan dari kampus kita semakin baik. Dan berharap ke depan dengan lulusan-lulusan terbaik yang dilakukan kampus kita menghasilkan outcome-outcome yang bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara menurut penjelasan Sekretaris LPM IAIN SNJ Cirebon, Dr Toheri bahwa kegiatan FGD Indeks Kinerja Dosen ini, dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dosen dalam pelaksanaan Tridharma yang tentu beriman pada peningkatan kinerja institusi.

Adapun FGD ini sebetulnya sebagai bahan evaluasi atas hasil pelaksanaan penilaian BKD yang sudah dilaksanakan pada semester ini. Tetapi ke depan harapannya adalah adanya penyepakatan terhadap bentuk pelajaran kinerja dosen dengan tugas tambahan yang diharapkan sesuai dengan tagihan-tagihan dalam akreditasi

Bagikan ini: