LPM IAIN Cirebon Sukseskan Pelaksanaan Surveillence ISO 9001 : 2015

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan dengan tema Suksesksan Pelaksanaan Surveillence ISO 9001: 2015 di Auditorium SBSN FITK

Rabu, 02 Desember 2020  Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan dengan tema Suksesksan Pelaksanaan Surveillence ISO 9001: 2015 di ruang Auditorium gedung SBSN FITK .

Ketua LPM IAIN SNJ Cirebon, Dr Ayus Ahmad Yusuf SE, M.Si kepada Humas  mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari kampus IAIN Syekh Nurjati terkait dengan penjamin mutu.

Dr. H. Sumanta, M.Ag (Rektor) membuka secara resmi kegiatan Surveillence ISO 9001:2015 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2020

Kaitan dengan Penjaminan Mutu ini yang dilakukan secara nasional yaitu yang dilakukan dengan Badan Akreditasi Nasional, ada juga penjaminan muti bersertifikat internasional.

“Jadi ini adalah sejenis sertifikat internasional sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi dan ini adalah tahun ketiga, proses sertifikat ini berlakunya satu tahun, jadi setiap tahun kita melakukan surveillence ISO,” katanya.

Dengan adanya sertifikat ini, nanti ada beberapa dokumen-dokumen ISO yang akan dilakukan proses surveillence. Artinya dengan adanya sertifikat ini berarti kita memiliki standar mutu secara internasional. Ayus juga menjelaskan, item-item yang diangkat pada proses ISO di kampus ini dilakukan di semua aspek, seperti sisi SDM dan pelaksanaannya serta lainnya.

Dr.H.Sumanta, M.Ag (Rektor) bersama Dr. H. Ayus Ahmad Yusuf, SE, M.Si dalam kegiatan pelaksanaan Surveillence ISO 9001: 2015 Tahun 2020

Menurut Ayus, nanti yang di surveillence terdapat enam item, di antaranya Rektorat, Akademik dan Kemahasiwaan, Lembaga Penjaminan Mutu sendiri, Pascasarjana dan Fakultas FUAD. Untuk itu Ayus berharap, sesuai dengan Renstra kita bahwa saat ini adalah penguatan penjaminan mutu di IAIN SNJ Cirebon dan akan dilakukan setiap setahun sekali.

“Proses menjaga mutu itu sudah menjadi kewajiban kita, yakni IAIN SNJ Cirebon sebagai penyedia kegiatan pendidikan tinggi maka kita harus memastikan bahwa proses pelaksanaan kegiatan kegiatan di kampus itu dilakukan secara proses yang baik dengan memenuhi standar yang sudah disepakati. Baik itu standar akreditasi nasional maupun standar ISO. Artinya, dengan kita memenuhi aspek aspek standar itu untuk menjamin bahwa lulusan kita itu memiliki kualifikasi baik dan mereka bisa memiliki keunggulan dan ketika lulus mereka bisa diterima masyarakat dan bisa beraktualisasi diri. Dan ini harapan kedepan mutu itu menjadi sebuah aktifitas yang sifatnya habbit, kebiasaan kita semua,” terangnya sambil menunjukkan sebuah tulisan TUVPainland Certified, yang artinya IAIN Cirebon sudah mendapatkan sertifikat ISO Internasional.

Bagikan ini: