Mahasiswa F-ITK Juara 1 pada MTQ ke-51 Kabupaten Indramayu (IKMI)

Kedua mahasiswa F-ITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Wiwin dan Rohmawan mengkukir prestasi pada gelaran MTQ ke-51 Kabupaten Indramayu, Senin (18/11).

Dua mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengkukir prestasi pada gelaran MTQ ke-51 Kabupaten Indramayu, Senin (18/11) lalu. Mereka adalah Wiwin Windiana dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Rohmawan dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan (FITK). Wiwin meraih juara 1 Lomba Tafsir Inggris. Sementara Rohmawan juara 2 Lomba Tafsir Bahasa Arab. Kedua lomba tersebut masih satu rangkaian kegiatan MTQ ke-51.  Ditemui di sekitar kampus IAIN Cirebon, Kamis (21/11), Wiwin dan Rohmawan menjelaskan mengenai prestasi yang diraih mereka. Dalam lomba itu, Wiwin menafsirkan beberapa ayat dari Surat Al Anfal menggunakan bahasa Inggris di depan juri.

Wiwin menjelaskan, “Saat lomba saya diminta untuk translet ayat menggunakan bahasa Inggris. Kemudian menjelaskan tentang asbabun nuzul, korelasi antar ayat, kemudian penjelasan mengenai kandungan ayat tersebut dan kesimpulannya,” karena sudah terbiasa tak sulit bagi Wiwin, keikutsertannya dalam MTQ ke-51 pada Lomba Tafsir Inggris merupakan keenam  kalinya. Enam kali ikut, Wiwin selalu menyabet gelar juara meski harus bersaing dengan peserta lain yang menurutnya punya kualitas baik. “Enam kali ikut. Keenamnya Alhamdulillah dapat juara. Tapi di tahun pertama itu di 2015, saya juara 2. Tahun-tahun selanjutnya sampai tahun ini juara 1,” ujar Wiwin.

Sementara itu, Rohmawan menjadi kedua terbaik usai menafsir beberapa ayat Surat Al An’am. Sama seperti Wiwin, Rohmawan  juga menjelaskan kandungan ayat, i’rab, asbabun nuzul ayat hingga  ibrah (pelajaran) dari ayat tersebut menggunakan Bahasa Arab. Ini suatu kebanggaan buat saya sendiri, buat keluarga juga. Motivasi untuk saya untuk berkumpul dengan orang-orang soleh untuk kembali menelaah mendalami ayat-ayat Alquran,” jelasnya.  Selain sama-sama meraih prestasi, keduanya juga sama-sama berasal dari Indramayu. Mereka juga tercatat sebagai anggota aktif Ikatan Keluarga Mahasiswa Indramayu (IKMI) se Wilayah Cirebon. 

Ketua Umum IKMI Cirebon, Hafid menyambut baik prestasi yang diraih Wiwin dan Rohmawan. Menurutnya, raihan prestasi tersebut menjadi bukti mahasiswa asal Indramayu yang bernaung di IKMI punya potensi dan bakat di bidangnya. Oleh karena itu, IKMI pun membuka ruang bagi anggotanya untuk berprestasi. IKMI punya Divisi Minat, Bakat dan Kewirausahaan yang mewadahi anggota yang punya potensi dan prestasi. Setiap anggota IKMI yang punya potensi dan prestasi pasti kami dukung.

Bagikan ini: