Mahasiswa IAIN Cirebon Menjadi Duta Baca Kabupaten Majalengka Periode 2022-2023

Nurkolifah Abbas mahasiswa semester 8, Jurusan PAI, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini dinobatkan sebagai Duta Baca Kabupaten Majalengka Periode 2022-2023 yang diadakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Majalengka. Duta Baca tersebut diraihnya dari Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Peran Literasi Digital sebagai Media Pembelajaran di Pondok Pesantren“. Perlombaan tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yakni kategori sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan mahasiswa/umum. Februari 22. 2022.
Olif mengaku, untuk menjadi Duta Baca, dirinya harus berjuang keras, mengingat peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari berbagai kampus di Jawa Barat. “Ini tentu tak bisa dipandang sebelah mata, selain bagus-bagus, mereka juga terlihat sudah siap dengan perlombaan ini,” kata Olif, panggilan akrabnya, yang bisa menyisihkan 23 mahasiswa lainnya. Dengan bekal motivasi dan kemampuan yang dimiliki serta tekad yang tinggi, Nur Kholifah Abbas yakin bisa menjadi juara. Itulah motivasi yang terus mendorongnya untuk menjadi yang terbaik.
Olif menjelaskan, menjadi juara bukanlah akhir dari sebuah tujuan, berawal dari hanya membaca dan mengamalkan sebuah maqolah, khoirunnas ‘anfauhum linnas. “Karena dengan membaca berarti kita sudah berliterasi, karena sudah berliterasi akan muncul tanggung jawab untuk bermanfaat, dan bermanfaat adalah tujuan dari hidup saya“. Dengan juara menjadi Duta Baca, Olif juga berharap, kampus IAIN dapat menjadi kampus yang berliterat, senantiasa dapat memberikan fasilitas fasilitas berliterasi yang memadai sehingga dapat memunculkan mahasiswa yang kritis, berintelektual dan memiliki akhlak yang baik.
Olif juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, termasuk dorongan yang diberikan keluarganya. Termasuk para dosen pembimbing, serta teman-teman di kampusnya.  “Alhamdulillah, akhirnya saya mendapat kepercayaan untuk menjadi Duta Baca Kabupaten Majalengka, dan selanjutnya akan dipersiapkan untuk tingkat Provinsi Jawa Barat“.
Bagikan ini: