Milad ke IV BSA IAIN Syekh Nurjati Hadirkan Dosen Universitas Najran, Arab Saudi

Senin (21/09). Dalam rangka merayakan hari kelahiranya yang ke IV tahun, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali menggelar Kuliah Virtual Bahasa Arab Sesi kedua dengan menghadirkan dosen luar negeri sebagai narasumber. Kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara daring via aplikasi Zoom dan Channel You Tube ini mengangkat tema yang menarik khas jurusan BSA “Mengenal Puisi Arab Klasik dan Modern”Pada perkuliahan kali ini, narasumber yang memberikan materi adalah dosen dengan banyak prestasi dalam bidang bahasa dan kesusastraan Arab, yaitu Dr. Saleh bin Salem Al-Harthy, M.A., Selain mengajar di Universitas Najran, narasumber juga merupakan Direktur Najran Literacy Club.

Sama halnya dengan perkuliahan sesi pertama pada tanggal 1 September 2020 dengan pembicara Dr. Ahmad bin Abdullah Al-Mulla, MA dari Departemen Pendidikan Kerajaan Saudi Arabia. Perkuliahan virtual kali ini menunjukkan antusiasme mahasiswa untuk mengikuti dan mencerna materi perkuliahan yang disampaikan oleh narasumber yang merupakan penutur asli Bahasa Arab. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa yang hadir lebih kurang 100 mahasiswa BSA dan diantaranya berpartisipasi aktif memberikan pertanyaan.

Perkuliahan virtual kali ini dipandu oleh moderator Indah Mawarni, mahasiswa BSA dan juga pengurus dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (HIMABSA). Perkuliahan berlangsung selama kurang lebih dua jam dan dibuka secara langsung oleh Erfan Gazali, M.Si selaku Sekretaris Jurusan BSA. Dalam sambutannya, Sekretaris Jurusan BSA menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan narasumber, Dr. Saleh bin Salem Al-Harthy yang bersedia membagi ilmunya kepada civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, khususnya mahasiswa jurusan BSA.

Selanjutnya dengan momentum ulang tahun BSA yang pada tanggal 16 September 2020 kemarin baru saja menginjak usia 4 tahun, besar harapan yang dipanjatkan semoga diusianya yang relatif masih sangat muda, BSA mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan Bahasa dan Kesusastraan Arab. “Kami yakin bahwa BSA mampu menjadi jurusan yang menjadi Role Model serta panutan pembelajaran bagi seluruh jurusan BSA yang ada di Indonesia serta mampu menjadi jurusan BSA yang unggul dan terkemuka tidak hanya di Indonesia, namun juga di tingkat ASEAN” Tutur Erfan Gazali.

Sebelum mengakhiri perkuliahan, Rijal Mahdi, M.A selaku penanggungjawab program perkuliahan virtual ini juga menambahkan penting berkolaborasi dan bersinergi dalam membangun kemajuan lembaga. Menurutnya, usia BSA yang telah menapaki tahun ke empat menjadi momentum untuk membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam dan luar negeri seperti yang dilakukan pada saat ini. Dengan wajah sumringah dan sambil menutup sesi perkuliahan sore itu, Dr. Saleh bin Salem Al-Harthy menyampaikan ucapan selamat hari jadi DIES Natalis untuk BSA yang hingga saat ini sudah melewati 4 tahun. “ Saya berpesan agar mahasiswa dan juga dosen agar senantiasa bersungguh sungguh dalam pembelajaran dan pengembangan keilmuan Bahasa dan Sastra Arab. BSA harus mampu menyusun mimpi dan rencana besar agar nanti 10 tahun mendatang sudah memiliki program magister jurusan BSA.” Harap Saleh bin Salem Al-Harthy

Khoirul Anwar, mahasiswa BSA juga merasa bangga bisa mengikuti serangkaian kegiatan perkuliahan virtual tersebut. Harapanya momentum harlah BSA ini membuat mahasiwa lebih semangat dan belajar, dengan fasilitasi yang sangat baik dalam pembelajaran dengan dosen luar negeri. “Semoga kegiatan seperti akan terus diadakan oleh jurusan dan menjadi tradisi, sehingga kami bisa menjadi lulusan yang berdaya saing global dengan kompetensi bahasa dan sastra Arab yang mumpuni” Pungkasnya.

Bagikan ini: