‘Ngobrol Sukses’ Bareng Alumni Prodi KPI Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Sharing Session “Ngobses (Ngobrol Sukses)” bersama Alumni KPI Berprestasi dengan tema “How to Maximize Your Potential to Reach Good Career”. Rabu, (16/6/2021).

Kegiatan yang dilakukan melalui Live Via Zoom Meeting dan Streaming Youtube KPI SNJ Cirebon, mengundang sejumlah pembicara yang seluruhnya merupakan alumni sukses berprestasi dari Prodi KPI.

Di antara pembicara tersebut yakni, Didin Fahrudin, S.Sos.I, M.Pd.I (Alumni KPI, PNS Kemenag), Harbayanti Abdi, S.Sos.I.,M.Pd.I (Alumni KPI, PNS Kemenag), Muhammad Shofi,S.Sos (Alumni KPI, PNS Kemenkumham) dan Endang Maryana, S.Sos.I (Alumni KPI, Motivator dari Coach Public Speaking Academy).

Kegiatan Ngobrol Sukses bersama alumni ini dibuka langsung oleh Dr Hajam M.Ag, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam sambutan singkatnya, Dr Hajam M.Ag mengatakan, bahwa peranan alumni sangat strategis bagi pengembangan akademik atau lembaga Pergurun Tinggi, maka paling tidak ada 4 point yang penting pada kegiatan ini.

Pertama, kata Hajam, adalah masuknya era globalisasi, di mana kondisi ini menuntut kontribusi pemikiran seluruh stakeholder dalam rangka pengembangan kemajuan pendidikan. “Inilah peranan penting alumni kita ikut serta memberikan konstribusi pemikiran,” ujarnya.

Lalu yang kedua, konstribusi moral, yang tentu saja berkaitan dengan pendekatan kepedulian alumni terhadap kesuksesan akreditasi dan kesuksesan para alumni KPI berikutnya.

Ketiga dukungan emosional, hal ini tidak bisa dipisahkan dari pengembangan PT, dan para alumni tentu diharapkan ada rasa memiliki terhadap almamaternya. “Inilah yang kita sebut simbiosis mutualisme,” katanya.

Kemudian yang ke empat adalah peran alumni dalam  konstribusi finansial. Dalam konteks ini bukan saja soal keuangan, tetapi bisa dalam bentuk lain, bisa seperti bantuan laptop atau pun alat- alat penunjang lainnya.

Sementara itu, sambutan Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H.Aan Mohamad Burhanudin, MA mengatakan, jika kegiatan webinar dengan mengundang para alumni ini, merupakan kegiatan yang kedua, setelah yang pertama sukses digelar. Dan webinar ini mempunyai tujuan dalam konteks simbiosis mutualisme.

Selain itu, pada kegiatan ini ada tujuan agar mahasiswa KPI bisa mengikuti jejak alumni yang sukses. Selain juga untuk mendata alumni yang sukses bekerja.

“Tetapi yang lebih penting lagi, kami memberikan ruang kepada alumni untuk memberikan konstribusinya bagi kemajuan Perguruan Tinggi (almamaternya).

Aan juga menjelaskan, pentingnya peranan alumni bagi kemajuan pendidikan harus menjadi perhatian institusi Perguruan Tinggi. Karena banyak juga yang tidak  dilakukan pihak perguruan  tinggi terhadap keberadaan dan peranan para alumninya.

“Ya, webinar ini kita ngobrol sukses dengan para alumni PNS. Dan diharapkan kesuksesan mereka bisa ikut andil dalam pengembangan kampus yang bisa para alumni  promosikan kepada masyarakat luas. Inilah symbiosis mutualisme dan kita bisa saling membuka interaksi dan komunikasi,” ucap Aan.

Maka sudah barang tentu, kata Aan, perguruan tinggi dapat memfasilitasi alumninya yang akan mempromosikan perguruan tinggi. Termasuk membuka sumbangan pemikiran, sehingga dapat membantu akselerasi Kemajuan perguruan tinggi, khususnya Prodi KPI.

Untuk itu, kata Aan, besar harapan kegiatan ini menjadi jembatan, serta dapat menjadian perguruan tinggi exellen dan mampu  bersaing dengan PT lain.

 

Bagikan ini: