Penanaman 500 Pohon Program KKN-TBM IAIN SNJ Cirebon Sekaligus Sosialisasi Kesehatan dan Lingkungan

Kegiatan Penanaman 500 pohon diikuti oleh anak-anak madrasah Nurul Huda Gebang dan pejabat desa setempat yang dilaksankan oleh KKN TBM IAIN SNJ Cirebon.

Mahasiswa KKN TBM IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan aksi penanaman 500 pohon  tepatnya di Pariwisata Desa di Desa Kalipasung Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon Selasa, (9/8/2022). Kegiatan diikuti Mahasiswa KKN TBM IAIN Syekh Nurjati Cirebon  dan Anak-anak Madrasah Nurul Huda. Kegiatan tersebut merupakan salah satu sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait pentingnya kesehatan dan lingkungan. Acara penanaman 500 pohon oleh mahasiswa KKN IAIN Syekh Nurjatu Cirebon itu dihadiri oleh perwakilan aparat pemerintahan Desa dan Komunitas Konservasi secara secara simbolis dan terbatas.  Adapun pembagian bibit pohon dibagi ke setiap RT untuk dibagikan langsung ke masyarakat. Bibit yang dibagikan ada 4 jenis yaitu Ketapang, sengon, Jambu Merah dan Mahoni. Selain itu, penanaman 500 pohon oleh mahasiswa KKN IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Perhutanan Lingkungan Hidup (DPLH) Majalengka dalam penyediaan bibit.

Tedi Hernanto  (Ketua Mahasiswa KKN TBM IAIN Syekh Nurjati Cirebon) mengatakan, aksi penanaman 500 pohon ini bertujuan untuk penghijauan, Ekosistem pesisir Laut dan Mangrove di lingkungan Desa Kalipasung bagian Utara pinggir laut. “Karena memang saya kira betapa pentingnya pohon untuk kebaikan yang ada di bumi. Banyak sekali manfaat dari penanaman 500 pohon ini, contohnya menjaga udara agar tetap bersih, menghindar dari bencana alam serta menjaga ekosistem Daerah Pesisir”. Ia menjelaskan, Kegiatan penanaman 500 pohon ini bersamaan dengan sosialisasi kesehatan dan lingkungan.”Kegiatan sosialisasi ini untuk mengingatkan masyarakat agar tetap selalu menjaga kesehatan lingkungan sekitar“.

Koordinator Lapangan, Hisyam menjelaskan, kegiatan penanaman 500 pohon ini merupakan kegiatan yang tercantum pada program mahasiswa KKN-TBM IAIN Syekh Nurjati Cirebon. “Program gerakan penanaman 500 pohon ini merupakan salah satu program wajib bagi mahasiswa KKN-TBM dalam pengabdian masyarakat di Desa Kalipasung”.

Sementara itu, Ketua Komunitas Konservasi, Marzuki mengaku sangat mendukung dalam pelaksanaan kegiatan penanaman 500 pohon yang dilakukan oleh mahasiswa KKN IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini. “Harapannya penanaman 500 pohon oleh mahasiswa KKN IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini dapat menjadi kenangan bagi masyarakat Desa Kalipasung, dan kepedulian mahasiswa KKN terhadap potensi yang ada di Desa Kalipasung”.

Bagikan ini: