Prof. Aan Jaelani: Dorong Transformasi Digital dan Kepembaruan Kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

IAIN Cirebon – Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, secara tegas menyatakan bahwa perubahan mendesak terkait digitalisasi perguruan tinggi dan rencana transformasi lembaga menjadi Universitas Islam Negeri SiberĀ  Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC), adalah suatu keniscayaan. Pernyataan ini disampaikannya saat megikuti kegiatan Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (Simposium PTNU), yang diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta. Selasa, (28/11/2023).

“Kick-off simposium ini menjadi momentum penting untuk menyadari bahwa transformasi digital bukan sekadar wacana, melainkan keniscayaan yang harus dijalankan,” ungkap Prof. Aan Jaelani dengan tegas. “Selaras dengan perkembangan zaman, kami di IAIN Syekh Nurjati Cirebon berkomitmen untuk bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri Siber dalam waktu dekat.”

Prof. Aan juga menyoroti urgensi transformasi lembaga pendidikan ke arah digitalisasi. “Digitalisasi tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga merupakan jalan menuju terciptanya lingkungan pendidikan yang adaptif dan inovatif. Kami percaya, dengan transformasi ke Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, kami akan menciptakan lingkungan pendidikan yang relevan dengan era digital ini.”

Transformasi tersebut, menurut Prof. Aan, akan membawa berbagai perubahan signifikan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. “Kami akan mengubah paradigma, menghadirkan infrastruktur terkini, dan meningkatkan kurikulum yang berbasis teknologi. Ini adalah langkah besar dalam menjawab tuntutan zaman.”

Selain itu, Prof. Aan juga menekankan bahwa transformasi ini bukan sekadar perubahan nama, melainkan sebuah langkah strategis yang akan melibatkan seluruh elemen di lingkungan kampus. “Kami memandang ini sebagai komitmen untuk terus berkembang, menjadi bagian dari revolusi pendidikan di era digital ini.”

Transformasi menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon bukan hanya merupakan visi pribadi rektor, tetapi juga visi bersama bagi seluruh staf, dosen, mahasiswa, dan pihak-pihak terkait di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Langkah ini diharapkan akan membawa perubahan mendasar bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.