Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Ungkap Ambisi “Menuju UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon” dalam Rapat Kerja Pimpinan

IAIN Cirebon – Dalam kegiatan Rapat Kerja Pimpinan yang diadakan pada Jumat, 1 Maret 2024, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani, M.Ag., mengumumkan visi ambisiusnya untuk menjadikan institusi tersebut sebagai “UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.” Rapat Kerja Pimpinan yang mengusung¬† tema “Transformasi Digital Menuju Satu Data untuk Keunggulan Mutu dan Layanan Akademik” ini menjadi panggung bagi pengungkapan tujuan besar yang akan dikejar oleh IAIN Cirebon.

Prof Aan menyampaikan tujuh program prioritas tahun 2024 yang akan menjadi landasan dalam mewujudkan transformasi digital tersebut:

Internasionalisasi Kampus dan Akreditasi Unggul: Fokus pada peningkatan reputasi internasional dan akreditasi unggul.

Digitalisasi Keuangan dan Pengembangan Unit Bisnis: Mengoptimalkan efisiensi keuangan dan pengembangan unit bisnis di lingkungan kampus.

Pengembangan Karir dan Penempatan Kerja Alumni: Meningkatkan peluang karir dan penempatan kerja bagi para alumni.

Memenangkan Media Sosial untuk Pemasaran dan Branding Perguruan Tinggi: Strategi pemasaran dan branding melalui media sosial sebagai alat utama.

Kerjasama dan Kemitraan Kampus dengan Dunia Industri: Membangun kolaborasi erat dengan dunia industri dalam pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.

GovTech dan Digitalisasi Layanan Menuju Satu Data: Menerapkan teknologi pemerintahan (GovTech) dan digitalisasi layanan dengan mengintegrasikan data.

Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Digital: Mengembangkan kurikulum inovatif dan pendekatan pembelajaran digital.

Disamping itu, Prof Aan juga mengumumkan program-program unggulan tahun 2024 yang akan menjadi fokus utama:

Program Akselerasi Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran: Dukungan terhadap Kampus Merdeka Mandiri.

Program Internasionalisasi Kampus: Peningkatan kolaborasi internasional.

Program Akreditasi Unggul 20 Program Studi & Institut: Pencapaian akreditasi unggul pada 20 program studi dan institut.

Program Bantuan Inovasi Modul Digital dan Konten Kreatif: Dukungan bagi dosen dan tenaga pendidik dalam pengembangan modul dan konten kreatif.

Program Bantuan Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital: Implementasi Smart Class.

Program Bantuan Pengembangan Layanan Digital Seluruh Unit/Lembaga: Peningkatan layanan digital di seluruh unit dan lembaga kampus.

Program Pengembangan Kompetensi Digital bagi Dosen & Tenaga Kependidikan: Penguatan kompetensi digital bagi staf pengajar dan tenaga kependidikan.

Hingga Program Wirausaha, Kapasitas Digital, Green Campus, dan Kerjasama dengan Dunia Industri: Berbagai program untuk membina mahasiswa, meningkatkan kapasitas digital, mendukung lingkungan berkelanjutan, dan memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak.

Dengan ambisi besar ini, IAIN Syekh Nurjati Cirebon berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi guna menciptakan lingkungan pendidikan yang unggul dan relevan di era digital.