Sinergikan Pengelolaan Jurnal Elektronik, Kampung Jurnal Adakan Kopdar

Jum’at (03/03/17) Kampung Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon adakan kopdar. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Dekan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) tersebut dihadiri oleh lebih kurang 30 peserta, yakni dari unsur pimpinan dan para pengelola jurnal di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dari unsur pimpinan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, turut hadir Wakil Rektor I Dr. Saifudin Zuhri, M.Ag., Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Jamali, M.Ag., Dekan FITK Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag., Dekan FSEI Dr. Aan Jaelani, M.Ag., dan Dekan FUAD Dr. Hajam, M. Ag. Sementara itu, dari unsur pengelola jurnal hadir pengelola jurnal Al Ibtida, Sc Educatia, Awlady, Mahkamah, ILEaL, Eduma, Oasis, Inklusif, Holistik, El Ibtikar, Al Mustashfa, Tamaddun, Elt Echo, JIEM, dan Al Amwal.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Arifuddin, M.Pd. Ketua Kampung Jurnal menyampaikan Grand Desain Kampung Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Presentasi Grand Desain Kampung Jurnal ini diawali dengan penyampaian Visi dan Misi Kampung Jurnal. Adapun Visi Kampung Jurnal adalah Mewujudkan Pengelolaan Jurnal Elektronik yang Berkualitas dan Bereputasi Menuju Jurnal Terakreditasi Tahun 2022”. Sementara itu, untuk mewujudkan visi tersebut, kampung jurnal menetapkan misi, diantaranya melakukan pendampingan pengelolaan jurnal secara elektronik, mensinergikan seluruh pengelola jurnal di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Lebih lanjut, Ahmad Arifuddin, M.Pd. menyampaikan bahwa Kampung Jurnal mempunyai 3 bidang/divisi, yakni divisi teknologi informasi, divisi tata kelola jurnal elektronik, dan divisi akreditasi. Adapun capaian kampung jurnal diantaranya hampir semua jurnal di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon sudah di setup sesuai standar OJS, lebih kurang 15 dari 22 jurnal sudah memiliki e-ISSN, 14 jurnal sudah terindeks IPI, Moraref, dan Onesearch, 4 jurnal sudah submit DOAJ, dan terakhir kampung jurnal sudah melakukan pendataan dan pemetaan jurnal di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam sambutannya, Dr. Saefudin Zuhri, M.Ag. Wakil Rektor I IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut dan pencapaian yang telah dilakukan oleh Kampung Jurnal. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa pemetaan jurnal yang telah dilakukan oleh Kampung Jurnal harus ditindak lanjuti dengan rencana aksi (action plan), baik rencana aksi jangka pendek maupun jangka panjang.

Sementara itu, Prof. Dr. Jamali, M.Ag. Direktur Pascasarjana dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengelola sebuah jurnal itu tidak mudah, butuh kerja keras, dan harus dilandasi dengan niat berkhidmah agar tetap konsisten, karena banyak  halangan dan rintangan yang akan ditemuainya. Meskipun demikian, mengelola jurnal tersebut banyak manfaatnya, yakni melatih kita untuk dapat menulis dengan baik.

Azmi Azhari, S.Si., M.Si. Sekretaris Kampung Jurnal menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pendataan dan pemetaan jurnal di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, beliau merasa optimis bahwa pengelolaan jurnal elektronik di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan semakin baik, dan target jurnal terakreditasi di tahun 2022 akan tercapai. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan hadirnya para pimpinan IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan semakin menambah semangat dan motivasi Kampung Jurnal untuk terus melakukan pendampingan dalam pengelolaan jurnal elektronik kepada pengelola jurnal lainnya.

Di akhir kopdar, Kampung Jurnal juga melakukan klinik jurnal, yakni indeksasi dan kelengkapan menu OJS. Kampung Jurnal berharap semoga para pimpinan dan semua pihak mendukung penuh untuk mewujudkan pengelolaan jurnal elektronik yang berkualitas, baik dukungan kebijakan, dukungan anggaran, maupun dukungan sarana prasarana, amien. (Ahmad Arifuddin_Azmi Azhari)

Dr. Saifudin Zuhri, M.Ag (Wakil Rektor I) sedang menyampaikan sambutan dalam Kopdar  Kampung Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Di Ruang Dekan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI).
Suasana Kopdar Kampung Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Di Ruang Dekan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI).
Bagikan ini: