SUASANA PERKULIAHAN JURUSAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM (BKI) SEMESTER VI

Suasana Perkuliahan Jurusan BKI Semester VI Mata Kuliah Konseling Qur’ani

Pada bulan suci ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Hal itu tidak mengurangi semangat mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam melakukan perkuliahan di gedung Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Lantai 3 Rabu, (29/05/2019).

Mahasiswa BKI dengan aktif mendiskusikan mengenai isi dari surat al-Imran ayat 139 “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. Salah satu pembicara Nurhidayanti menyarankan pada teman kelasnya di bulan yang penuh rahmat ini untuk tidak hanya membaca ayat al-quran tetapi mencoba mentadabbur setiap ayatnya semata untuk mendapatkan manfaat dan mendekatkan diri kepada allah swt.

Siswa kelas XII telah menghadapi ujian masuk ptkin yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 28-05-2019. Judul yang diangkat sangat sesuai dengan keadaan tersebut. Mahasiswa BKI semester VI mendiskusikan hasil penelitiannya yang berjudul implementasi tadabbur qur’an surat al-Imran ayat 139 terhadap siswa kelas XII yang mengalami kegagalan ujian masuk PTN.

Dalam diskusi yang hangat menyebutkan bahwa kegagalan yang dihadapi siswa kelass XII bukanlah akhir dari segalanya. Seyogyanya siswa yang mengalami kegagalan dapat melakukan muhasabah diri dari aspek mana kegagalan tersebut sehingga dalam menghadapi ujian selanjutnya bisa mempersiapkan dengan baik. Ketidakpercayaan diri dalam menghadapi kegagalan merupakan hal yang wajar, akan tetapi akibat ketidak percayaan diri akan membuat siswa mudah berputus asa dan takut mengambil keputusan dalam menghadapi masalah. Untuk itu sebaiknya orang terdekat adalah motivator tebaik agar siswa dapat bangkit kembali.

Sebagai tambahan, untuk adik- adik siswa kelas XII tetap bersemangat dan terus berdoa agar hasil dari segala usaha untuk menghadapi ujian tes masuk ptkin sesuai dengan harapan. Kalau sedih ingat surat al-Imran ayat 139. (IU)

Bagikan ini: