IAIN Cirebon (Jambi) – Untuk memastikan kualitas program ungulan dari PJJ PAI, Dr. H. Saifuddin M.Ag Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Dr. Asep Mulyana, M.Si. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FITK dan Dr. H. Rosidi Rido M.A.,M.Pd. Kepala Bagian Tata Usaha FITK , saat ini sedang melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan PJJ PAI. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) PAI telah menjadi bagian penting dari pendidikan tinggi saat ini, terutama untuk menjawab tantangan global. Dan juga merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama dalam hal ini IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai pilot project Cyber Islamic University, di lingkungan PTKIN se-Indonesia.
Upaya kegiatan monev tersebut diharapkan dapat memperbaiki dan mengoptimalkan proses PJJ, memastikan kualitas pendidikan PJJ, dan memudahkan bagi para mahasiswa PJJ pendidikan agama Islam di era digital ini.
Kamis, 03 Mei 2024. Tim Dekanat FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan kegiatan Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Jambi, Provinsi Jambi. Kegiatan monev kali ini memiliki beberapa tujuan utama:
Mengukur Kualitas Pendidikan: Monev PJJ PAI bertujuan untuk mengukur dan memastikan kualitas pendidikan agama Islam dalam konteks PJJ. Ini mencakup evaluasi kurikulum, metode pengajaran, dan pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian akademik mahasiswa.
Mengidentifikasi Tantangan dan Kendala: Monev ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan PJJ PAI, seperti masalah teknis, kebutuhan mahasiswa, dan hambatan dalam proses pembelajaran.
Memantau Kepuasan Mahasiswa: Monev juga bertujuan untuk memantau kepuasan mahasiswa terhadap pengalaman PJJ PAI. Ini mencakup aspek seperti aksesibilitas, kualitas bahan ajar, dukungan dosen, dan kemudahan berkomunikasi.
Memastikan Kesetaraan Akses Pendidikan: Tujuan lainnya adalah untuk memastikan bahwa PJJ PAI di Jambi dan sekitarnya, guna memberikan kesetaraan akses pendidikan kepada semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada di daerah pedesaan atau yang memiliki keterbatasan akses internet yang berbeda di setiap masing-masing daerahnya.
Hasil kegiatan monev PJJ PAI di Jambi, hasilnya mencakup beberapa temuan dan tindakan yang relevan:
Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Melalui monev, mungkin ditemukan cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PJJ PAI. Ini bisa mencakup penyempurnaan kurikulum, peningkatan metode pembelajaran online, dan peningkatan dukungan teknologi.
Identifikasi Tantangan dan Kendala: Hasil monev dapat mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam PJJ PAI, seperti masalah teknis, kebutuhan perangkat dan akses internet, serta hambatan dalam komunikasi antara dosen dan mahasiswa.
Pengembangan Strategi Perbaikan: Hasil monev dapat digunakan untuk merancang strategi perbaikan yang sesuai. Ini bisa melibatkan perbaikan infrastruktur teknologi, pelatihan dosen dalam metode PJJ yang efektif, dan peningkatan aksesibilitas bagi mahasiswa yang terkendala.
Peningkatan Kepuasan Mahasiswa: Dengan memantau kepuasan mahasiswa, hasil monev dapat membantu dalam meningkatkan aspek-aspek tertentu yang penting bagi mahasiswa, seperti aksesibilitas, kualitas bahan ajar, dan dukungan dosen.
Pengembangan Model Kesetaraan Akses: Hasil monev dapat digunakan untuk mengembangkan model kesetaraan akses pendidikan PJJ PAI, termasuk pemberian bantuan kepada mereka yang berada di daerah terpencil atau memiliki keterbatasan akses internet.
Hasil monev ini diharapkan akan memberikan panduan berharga untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui PJJ di wilayah Jambi dan sekitarnya, serta memastikan bahwa pendidikan tersebut dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan setara