HIMABI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bahas Kesetaraan Gender secara Daring

Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMABI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Webinar Kesetaraan Gender dengan tema “Kesetaraan  Gender dalam Perspektif Agama Islam” bertempat di aula gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) lantai 5 dan melalui zoom meeting secara online. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dr. H. Saifuddin, M.Ag (Wakil Dekan III FITK) dan didampingi Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd (Kajur Bhs. Indonesia). Kegiatan tersebut menghadirkan 2 (dua) pemateri yaitu : Dr. Wardah Nuroniyah, S.H.I., M.S.I., (Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta), Wakit Hasim, M.Hum (Tim Ahli PSGA IAIN Cirebon) dan selaku moderator Dr. Tato Nuryanto, M.Pd. Kegiatan disiarkan secara online melalui zoom meeting dan canal youtube (himabi_iainsnj). Rabu, 09/02/2022

Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMABI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Webinar Kesetaraan Gender dengan tema “Kesetaraan  Gender dalam Perspektif Agama Islam” bertempat di aula gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) lantai 5 dan melalui zoom meeting secara online. ). Rabu, 09/02/2022

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dr. H. Saifuddin, M.Ag (Wakil Dekan III FITK) dan didampingi Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd (Kajur Bhs. Indonesia). Kegiatan tersebut menghadirkan 2 (dua) pemateri yaitu : Dr. Wardah Nuroniyah, S.H.I., M.S.I., (Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta), Wakit Hasim, M.Hum (Tim Ahli PSGA IAIN Cirebon) dan selaku moderator Dr. Tato Nuryanto, M.Pd. Kegiatan disiarkan secara online melalui zoom meeting dan cannal youtube (himabi_iainsnj

Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd (Ketua Jurusan Tadris Indonesia) dalam sambutannya beliau menyampaikan kesetaraan gender hakiktatnya perempuan dan laki-laki ingin mempunyai kesamaan hak, tetapi secara fitrah laki-laki dan perempuan itu berbeda. Allah sudah menciptakan perbedaan itu tetapi Allah juga memuliahkan perempuan secara proporsional sesuai dengan kodratnya.  “Silahkan kalian (perempuan) meningkatkan karir  dan kualitas diri seoptimal mungkin didunia pendidikan dan dunia keprofesian secara positif” tutupnya.

Dr. H. Saifuddin, M.Ag (Wakil Dekan III FITK) dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada HIMABI yang telah menyelenggarakan kegiatan Webinar Kesetaraan Gender. “ Saya melihat kegiatan ormawa sudah mulai berjala,  baik ditingkat jurusan maupun fakultas, sudah mulai dicicil dari sekrang, sehingga kegiatan tidak menumpuk di akhir tahun” Ucapnya.

Beliau juga berharap kegiatan yang dilaksanakan ormawa bukan hanya sekedar seremonial saja. Tetapi juga sebagai stimulan kepada mahasiswa untuk meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Dr. Wardah Nuroniyah, S.H.I., M.S.I, dalam materinya beliau menyampaikan, sex merupakan perbedaan laki-laki dan perempuan secara anatomi biologis, sudah melekat dalam diri seseorang dan tidak bisa dipertukarkan”. Contoh : Perempuan mempunyai payudara, rahim, bisa melahirkan, menstruasi dsb. Laki-laki mempunyai bisa memproduksi sperma, berkumis dsb.

Gender: “perbedaan laki-laki dan perempuan yang dikonstruksi secara sosial budaya, bisa diubah dan bisa dipertukarkan”. Contoh : Perempuan mempunyai sifat lembut, lemah, emosional dsb. Laki-laki mempunyai sifat rasional, gagah, tegar dsb. Perempuan memasak, menyapu, mencuci, membersihkan rumah. Laki-laki menyetir, mencangkul, memperbaiki kendaraan dsb.

Wakit Hasim, M.Hum (Tim Ahli PSGA IAIN Cirebon) dalam materinya beliau menyapaikan secara gender laki-laki itu identiknya dengan pemimpin, sedangkan perempuan identik dengan bawahan atau staf yang mengerjakan hal-hal yang detail, itu berdasarkam konstruksi social masyarkat. Padahal perempuan juda bisa menjadi pempimpin dalam bidang yang mumpuni secara profesioal.

 

 

 

 

Bagikan ini: