Bahas Kerjasama, IAIN Syekh Nurjati Cirebon menerima kunjungan PWI Kota Cirebon

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon periode 2021-2024 melakukan audiensi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Senin (21/3/2022).

Dalam pertemuan yang dilangsung di gedung rektorat kampus setempat ini ada tiga poin yang disetujui bersama dan akan dituangkan dalam bentuk MoU.

Ketua PWI Cirebon, M Alif Santosa memaparkan, pertama pihaknya akan menjadi fasilitator untuk diskusi-diskusi publik yang akan melibatkan mahasiswa, akademisi, professional, serta seluruh kalangan.

“Tentunya dengan tema besar yang nantinya akan kita angkat dalam diskusi tersebut,” ujarnya usai audiensi.

Kemudian yang kedua, jelas Alif, PWI Cirebon juga akan menghidupkan pelatihan jurnalistik di kampus IAIN Syekh Nurjati. Menurut dia, pelatihan jurnalistik ini merupakan sebagai bentuk tanggung jawan pihaknya di era disrupsi informasi.

Pasalnya, imbuh Alif, di era ini arus informasi begitu banyak dan cepat yang membuat masyarakat sulit untuk membedakan antara informasi benar dan hoaks.

“Yang mana yang benar, dan yang mana yang hoaks begitu samar. Maka PWI memiliki tanggung jawab untuk melakukan edukasi melalui pelatihan jurnalistik tersebut,” ujar Alif.

Kemudian, kata Alif, yang ketiga PWI juga akan berupaya untuk menjadikan wartawan sebagai dosen tamu di IAIN Syekh Nurjati Cirebon sesuai kapasitas ilmunya masing-masing.

“Kami ingin memberdayakan wartawan, karena selama ini wartawan hanya menyalurkan kemampuannya melalui tulisan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Ilman Nafi’a mengungkapkan, IAIN Cirebon saat ini memang sedang gencar mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan PWI Cirebon.

“Ini juga dalam rangka mengembangkan tridarma perguruan tinggi, yaitu di bidang penelitian, pendidikan, dan juga pengabdian masyarakat,” katanya.

Ilman menambahkan, hubungan kerja sama dengan berbagai pihak ini juga dalam rangka mendukung Kampus Merdeka.

“Mahasiswa kita akan belajar di mana saja dan itu butuh kerja sama dengan seluruh pihak. Nantinya kerja sama dengan PWI Cirebon ini akan kita tuangkan dalam draft MoU,” katanya

Bagikan ini: