Gebyar Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2022 Dibuka Langsung Oleh Wagub Jawa Barat

Kegiatan Gebyar Bahasa Arab (GBA) dengan tema “Teknologi Pembelajaran dan Manfaatnya Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab” yang dihadiri langsung oleh H. UU Ruzhanul Ulum, S. E (Wakil Gubernur Jawa Barat), Dr. H. Sumanta, M. Ag (Rektor), didampingi unsur pimpinan kampus setempat.

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institiut Agama Islam Negeri (IAINSyekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Gebyar Bahasa Arab (GBA) dengan tema “Teknologi Pembelajaran dan Manfaatnya Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab” yang dihadiri langsung oleh H. UU Ruzhanul Ulum, S. E (Wakil Gubernur Jawa Barat), Dr. H. Sumanta, M. Ag (Rektor), didampingi unsur pimpinan kampus setempat. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Dr. Moh. Ahsanuddin, M. Pd. (Kaprodi S2 PBA Universitas Negeri Malang) dengan dimoderatori oleh Hasan Saefuloh, M, Ag, dosen PBA IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan sebagai ketua pelaksana kegiatan saudara Abdulloh Syafi’i . Senin (17/10/2022).

Dr. H. Farihin, M. Pd (Dekan FITK) dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih dan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut . Beliau juga menyampaikan salam hangat kepada Wagub Jabar dan Walikota Cirebon yang hadir pada kegiatan ini.  “Terimakasih juga saya sampaikan kepada bapak rektor dan jajarannya yang selalu supot terhadap berbagai kegiatan, juga kepada HMJ PBA yang sudah menggagas kegiatan ini semarak tingkat nasional”.
Dr. H. Sumanta M. Ag (Rektor) menyampaikan, kegiatan ini terdapat kebahagiaan tersendiri bagi kita, karena yang menjadi icon Jurusan PBA dihadiri langsung oleh Wagub Jabar. Beliau juga mengucapkan selamat kepada Tadris Bahasa Arab yang sudah mampu menampilkan diri di tingkat regional dan nasional.  “Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkesinambungan, juga dipertahankan bahkan ditingkatkan keberadaannya, karena berimplikasi terhadap eksistensi jurusan bahasa Arab yang berakreditasi A, atau unggul”.
Beliau juga berpesan kepada mahasiswa dan mahasiswi Jurusan Bahasa Arab, Sumanta berpesan, agar terus melakukan upaya-upaya inovasi terkait dengan pengembangan kita di wilayah kajian. Menurutnya kita bukan hanya melakukan pembelajaran yang bersifat reguler saja, tetapi juga bersifat Siber, yang sekarang ini sedang diajukan sebagai kelas Siber pendidikan jarak jauh bahasa Arab.  “Mudah-mudahan kita mendapatkan ijin Ban-PT dan kita akan terus melakukan upaya pembelajaran, yang tentu saja bukan hanya bersifat reguler (offline) tapi juga darring atau Siber, karena pendidikan bahasa Arab telah menunjukkan eksistensinya dan telah mendapatkan akreditasi A”.
Sementara itu, Wagub Jabar, H. UU Ruzhanul Ulum, S. E dalam sambutannya menyatakan bahwa kita saat ini berada di era 4.0 alternatif 5.0. Era ini sangat menuntut kita untuk pandai berkomunikasi.  “Kita jangan hanya menjadi operator tapi juga harus mampu menjadi motivator, karena ini tuntutan perubahan zaman, bahkan di negara lain, sudah menggunakan kecanggihan mesin dan robot, jika kita mempersiapkan  diri, maka kita akan tersingkirkan oleh kecanggihan zaman ini, Maka saya titipkan kepada mahasiswa IAIN Cirebon, khususnya para mahasiswa PBA bahwa kita harus pandai berkomunikasi dan dari itu kita akan mampu membuat jaringan, banyak teman dan lain-lain”.
Beliau mencontohkan, bahwa kenapa para sarjana masih banyak yang menganggur, hal itu kata beliau karena ketika masih mahasiswa mungkin saja kurangnya kemampuan dalam komunikasi. “Maka kembangkanlah kemapuan komunikasi ini agar tak tertinggal oleh perubahan zaman”.
Sementera itu Abdulloh Syafi’i(Ketua Pelaksasna) dalam laporannya menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang baru kembali dilaksanakan oleh HMJ PBA pasca Pandemi Covid 19. “Ada sejumlah pada kegiatan Gebyar Bahasa Arab 1021, di antaranya seminar nasional dan lomba tingkat nasional dan kita juga menghadirkan pemateri yang nanti akan membedah soal peranan bahasa Arab dalam pendidikan dan seni budaya di era society 5.0”.
Bagikan ini: