Gelar World Philosophy Day, Dekan FUAD: Awal Kebangkitan Jurusan AFI

Jurusan Akidah Filsafat Islam (AFI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan kegiatan World Philosophy Day dengan tema ‘We Learn, We where to Stan’.

H. Mustofa, selaku Ketua Jurusan AFI IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengatakan, kegiatan ini berupa open ceremony, lomba-lomba, pameran lukisan karya mahasiswa AFI dan seminar nasional.

“Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut semoga bisa memicu kreatifitas mahasiswa dalam menghadapi dunia global. Filsafat menjadi pedoman hidup karena mengandung nilai-nilai kebenaran, kearifan dan kebijaksanaan. Filsafat hendaknya memberi solusi dan berbagai problema. Untuk ini dibutuhkan partisipasi aktif mahasiswa dan semua pemerhati filsafat,” ujarnya.

Kegiatan seremonial sendiri dimeriahkan dengan banyak pementasan dari mahasiswa AFI.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Anwar Sanusi mengatakan bahwa ajang perlombaan di tingkat jurusan sebagai persiapan kemampuan mahasiswa dalam ajang nasional yang sedang dibahas bersama seluruh dekan FUAF seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

“Ini tentunya menjadi tuntutan semua program studi dalam persiapan akreditasi,” ujarnya.

Program studi AFI sebagai salah satu dari prodi di lingkungan FUAD bersama jurusan Sejarah Peradaban Islam sudah meraih akreditasi A. Dua prodi tersebut sedang mengurus ISK ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tunggi (BAN-PT) untuk mendapatkan nilai akreditasi UNGGUL.

Lebih lanjut Anwar menjelaskan berbagai peluang dan tantangan untuk masa depan mahasiswa jurusan AFI.

“Mereka memiliki peluang dan kesempatan yang besar di masa depan. Hal tersebut seiring dengan kebijakan Kementerian Agama untuk mengangkat guru akidah dan akhlak untuk MI, MTs dan MA. Oleh sebab itu perlu mata kuliah keguruan untuk menjawab tantangan tersebut,” ungkapnya.

Anwar juga berharap kegiatan World Philosophy Day ini bisa menjadi awal kebangkitan jurusan AFI dalam bingkai kebersamaan untuk memupuk prestasi dalam persaingan global.

Bagikan ini: