PENGABDIAN MASYARAKAT LP2M IAIN CIREBON DI PESANTREN AL MUTAWALLY KUNINGAN

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dengan acara pendampingan pelatihan penulisan karya ilmian penelitian tindakan kelas bagi guru di yayasan pendidikan Pesantren Al-Mutawally. Dilaksanakan selama dua hari yaitu 12-13 Oktober 2021 dengan 40 peserta dari guru Al-Mutawally. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua LP2M Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag, Direktur KMA Al-Mutawally KH. Didin Nurul Rosidin, P.hD.

Atas nama Yayasan KMI Al Mutawallyi, KH. Didin Nurul Rosidin, P.hD menyambut baik kehadiran dosen-dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam rangka melaksanakan PkM ini. “Kegiatan ini tentu memberikan manfaat lebih bagi kami khususnya tenaga pengajar di KMI Al Mutawally, kami berharap dengan PkM yang terfokus pada bagaimana para guru berarya tulis ilmiah merupakan sesuatu yang baik sehingga seorang guru dapat mengkomunikasikan ide dan gagasannya melaui tulisan dalam bentuk karya ilmiah.” Beliau juga menyampaikan “bahwa seluruh aktifitas belajar bagi siswa harus betul-betul diketahui oleh para guru, terkait sikap dan minat belajar siswa tentu bisa diketahui melalui penelitian tindakan kelas, karena itu materi penulisan penelitian tindakan kelas juga sangat penting untuk ketahui manfaatnya oleh para guru

Kegiatan pendampingan peningkatan kapasitas penulisan karya ilmiah yang terfokus pada penulisan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua hari dihadiri oleh dua narasumber yaitu Dr. Budi Manfaat, M.Si dan Dr. Ahmad Ripai, M.Pd. Kegiatan hari pertama pemaparan tentang guru Madrasaha berkarya tulis ilmiah, guru harus memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah yang ada pada siswa di kelas. Selain itu, pemaparan penulisan penelitian tindakan kelas yang bisa dilakukan ketika guru dalam proses pembelajaran di kelas. Peserta memperhatikan dengan baik dan turut aktif dalam melakukan diskusi.

Kegiatan hari kedua, peserta diberikan waktu untuk menyusun proposal penelitian tindakan kelas dengan berkelompok berdasarkan mata pelajaran. Menyusun satu proposal yang dipaparkan dan diberikan riview oleh narasumber secara langsung. Peserta antusia dalam melakukan kegiatan pembuatan proposal dan peserta merasakan adanya pemahaman baru tentang point-point dalam penulisan penelitian tindakan kelas. Antusiasme peserta yang secara keseluruhan adalah tenaga pengajar dan guru KMI Al Mutawally sangat baik dan luar biasa, dan harapan mereka PkM ini tidak hanya sampai disini dan agar dilaksanakan PkM yang serupa dilaksanakan di KMI Al Mutawally ini.

Bagikan ini: