Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 2018

Alhamdulillah, Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2018, telah berjalan sangat sukses. Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, yaitu pada hari Senin-Selasa, 17-18 September 2018. Kegiatan OMB dihadiri oleh 157 mahasiswa baru.

Pada hari pertama, kegiatan OMB dilaksanakan di Aula Keraton Kesepuhan Cirebon. Ada beberapa rangkaian acara, seperti workshop topeng oleh Distro Topeng Sunyaragi. Panitia juga turut serta dalam kegiatan workshop topeng, disana setiap orang diberikan satu topeng polos serta alat dan bahan yang telah dikoordinir oleh panitia untuk diwarnai. Ada beberapa jenis topeng yang dibagikan, seperti topeng rumyang, topeng kelana, dll. Dan hasil topeng yang sudah diwarnai bisa dibawa pulang sebagai souvenir. “untuk mahasiswa baru IAIN khususnya jurusan PGMI, kenalilah budaya Cirebon sebelum kita mengenal budaya lainya, karena kita mahasiswa Cirebon, marilah kita cintai  dan lestarikan budaya Cirebon serta kembangkan budayanya” pesan dan harapan, Faiz Hasbullah selaku Ketua Umum HIMAGUMI PERIODE 2018-2019.

Kegiatan berikutnya adalah selayang pandang dari Ketua Jurusan PGMI, yaitu Bapak Syibli Maufur,M.Pd. Beliau menjelaskan tentang ke-PGMI-an. Setelah itu para peserta diajak untuk berkeliling di area Keraton Kesepuhan bersama Tour Guide dari pihak keratin langsung. Setelah itu peserta diajak untuk operasi semut yaitu memungut sampah yang tertinggal di aula. Lalu mereka diarahkan untuk pulang. Pada hari kedua, kegiatan OMB dilaksanakan di Goa Sunyaragi. Kegiatan di hari kedua tidak kalah seru dibanding hari pertama. Kegiatan pertama di hari kedua ialah selayang pandang tentang  Goa Sunyari oleh pihak Goa Sunyaragi. Lalu disambung dengan pemberian materi oleh Kak Eka dan Kak Yuriska tentang 3 Pilar Perguruan Tinggi. Selanjutnya pemberian materi oleh Kak Asep dan Kak Yaya tentang Ikatan Mahasiswa PGMI se-Indonesia.

Setelah itu ada sesi pengenalan HMJ per-divisi, yaitu Divisi PAO, Divisi Redaksi, Divisi Rohis, Divisi Pomsi, Divisi Kwu, Divisi AP dan BPH. Kegiatan berikutnya adalah Mobiling Game, dimana peserta berkeliling area Goa Sunyaragi dan datang ke pos-pos divisi yang ada untuk mengikuti permaianan seru dari setiap divisi. Dan acara pun di tutup dengan kemeriahan sesi foto bersama berlatar belakang pelatan Goa Sunyaragi dengan balutan smoke bomb warna-warni.

Foto bersama peserta Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2018 di lingkungan Goa Sunyaragi Cirebon.

Peserta kegiatan dengan antusias mengikuti acara yang digelar di  ke Kraton Kasepuhan Cirebon.
Peserta kegiatan dengan antusias mengikuti acara yang digelar di  ke Kraton Kasepuhan Cirebon.

 

Bagikan ini: