Penandatanganan MoU F-ITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan F-ITK Pekalongan dan F-ITK Purwokerto (F-ITK)

Prosesi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan FITK IAIN Pekalongan dan FITK IAIN Purwokerto bertempat di Ruang Dekan F-ITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selasa (01/10)

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan FITK IAIN Pekalongan dan FITK IAIN Purwokerto,  Dekan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Farihin Nur, M.Pd mengungkapkan, kerja sama tersebut tentunya yang berkaitan denga tri dharma perguruan tinggi, seperti salahsatunya dalam pendidikan dan pengajaran serta bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selasa (1/10/2019).

“Jadi implementasi dari MoU ini, kita akan secara riil ada aksi nyata saling berkunjung ke masing-masing lembaga untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi tadi,” kata Farihin usai penandatanganan kerjasama tersebut.

Untuk itu, lanjut dia, realisasi kerja sama tersebut dalam waktu dekat ini pihaknya akan saling mengirimkan dosen untuk mengajar di IAIN Cirebon, Purwokerto, dan Pekalongan. Selain itu, melalaui MoU ini juga pihaknya ingin menjajaki kerjasama terkait tatakelola jurnal.

“Yang paling riil dalam waktu dekat ini, di masing-masing lembaga itu kan ada anggaran untuk kunjungan dosen. Jadi yang paling riil adalah kunjungan dosen. Kemudian kita juga akan mengkerjasamakan kunjungan organisasi kemahasiswaan. Jadi, baik dosen ataupun mahasiswa bisa saling berkunjung ke 3 kampus tersebut, yaitu IAIN Cirebon, Purwokerto, dan Pekalongan,” jelasnya.

Menurut dia, kerja sama ini memiliki banyak manfaat. Yaitu, salahsatunya untuk akreditasi. Karena dalam akreditasi tersebut ada 9 standar yang harus dipenuhi, seperti salahsatunya dalam aspek kerjasama dalam berbagai bidang antar perguruan tinggi, antar berbagai fakultas, jurusan hingga tingkat prodi.

“Maka kerjasama ini sangat besar sekali manfaatnya dari penandatanganan MoU 3 lembaga tersebut. Semoga MoU ini tidak hanya di atas kertas tapi juga ada aksi nyata berupa saling kerja sama dalam berbagai program, utamanya yang terkait tri dharma perguruan tinggi tadi,” pungkas beliau.

Bagikan ini: