Program Studi PBA IAIN Cirebon Meraih Akreditasi Unggul

Asessment Lapangan Prodi PBA tanggal 24 Oktober 2022 berlangsung sukses dan mendapatkan akreditasi unggul dengan nilai 365.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mendapatkan akreditasi unggul dengan nilai 365 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang mana sebelumnya telah melakukan Asessment Lapangan (AL) pada tanggal 24 bulan Oktober 2022 di kampus setempat. Dengan diraihnya akreditasi unggul bagi PBA tentunya meningkatkan nilai untuk akreditasi institut ke depan. Dengan diraihnya prestasi tersebut bisa meningkatkan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa PBA untuk bisa lebih meningkatkan prestasinya baik dibidang akademik maupun non akademik. Mendorong tenaga pendidik (dosen) untuk bisa meningkatkan karirnya untuk melanjutkan studinya. 11/11/2022

Dr. Masriah, M. Ag (Kajur PBA) beliau menyampaikan, dalam persiapannya terkait AL PBA yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 24 oktober 2022, tentunya dengan mempersiapkan tim dengan membuat SK yang mana masing-masing memiliki tanggung jawab terkait apa yang harus dikerjakan sesaui dengan kebutuhan AL. “Persiapan pra akreditasi dilakukan dimulai dengan pembuatan SK dari Dekanat untuk tim. Setelah diberi SK, setiap anggota tim diberi tugas untuk mengisi data kuantitatif (DKPS) dan data kualitatif (LED) pada setiap Criteria (standar) yang terdiri dari C1 hingga C9”.

Beliau juga menyampaikan standar-standar yang harus dipenuhi oleh tim yakni: Standar C1¬† tentang visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS), C2 tentang tata pamong, tata kelola, dan kerjasama, C3 tentang mahasiswa, C4 tentang SDM, C5 tentang keuangan dan Sarpras, C6 tentang pendidikan, C7 tentang¬† penelitian, C8 tentang pengabdian kepada masyarakat, dan C9 tentang keluaran dan capaian Tridarma, yang selanjutnya disinkronkan keseluruhan dengan arahan dari Lembaga Penjaminan Mutu. “Setelah selesai tugas masing-masing dilakukan sinkronisasi data secara keseluruhan dengan bimbingan dan arahan LPM dan Dekanat“.

Beliau berharap PBA di era globalisasi ini, Bahasa Arab diharapkan menjadi bahasa yang mendunia yang bisa digunakan tidak hanya dalam konteks keagamaan tapi juga dalam konteks science dan teknologi.
Bagikan ini: