Tingkatkan Literasi dan Minat Baca Mahasiswa, UPT Perpustakaan Pusat IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menggelar Kegiatan Library User Education

Pembukaan kegiatan Library User Education oleh Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Rabu, (28/08/19).

Unit Pengelola Teknis (UPT) Perpustakaan Pusat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Library User Education bertema “Dengan Library User Education Kita Tingkatkan Minat Baca dan Kemampuan Penelusuran Referensi dan Minat Baca di Kalangan Mahasiswa”. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 3.470 peserta yang merupakan bagian dari orientasi pemustaka perpustakaan bagi mahasiswa baru. Kegiatan tersebut bertempat di gedung IAIN Cirebon Center (ICC). Rabu, (28/08/19).

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag (Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon) menyampaikan beberapa pesan bagi para mahasiswa baru peserta kegiatan Library User Education. “Saya ingin menyampaikan beberapa pesan dalam kesempatan kali ini, perpustakaan adalah jantung dari sebuah perguruan tinggi. Perpustakaan yang baik merupakan salah satu aspek pendorong terciptanya pelayanan prima dalam proses perkuliahan. Maka peliharalah secara bersama perpustakaan kita ini”, ucapnya.

Foto peserta kegiatan Library User Education. Rabu, (28/08/19).

Kegiatan Library User Education dibagi menjadi empat sesi hari (28-31/08-2019), sesi hari pertama diikuti oleh peserta mahasiswa baru dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (F-SEI), sesi hari kedua dan ketiga diikuti oleh peserta mahasiswa baru Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (F-ITK) dan sesi hari keempat diikut oleh mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (F-UAD).

“Di hari pertama Library User Education diperuntukan bagi mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (F-SEI), hari kedua dan ketiga untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (F-ITK), sementara di hari keempat untuk mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (F-UAD). Konten kegiatan ini yaitu pengenalan tentang Perpustakaan IAIN bagi mahasiswa baru, fasilitas dan layanan yang ada di dalamnya,” ungkap Dr. Yayat Supriyatna, M.Ag (Kepala UPT Perpustakaan Pusat IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Kegiatan Library User Education penting bagi mahasiswa baru. Pasalnya, pembelajaran di masing-masing jurusan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon mewajibkan mahasiswa baru banyak membaca dan riset kepustakaan. Baik dalam pengerjaan tugas kuliah maupun penyusunan naskah presentasi. Kedepannya, perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan terus menggenjot jumlah koleksi buku. Terutama buku di bidang sains. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung perubahan statuta IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UIN.

Bagikan ini: