“Tingkatkan Standar Unggul: Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Siap Capai Akreditasi Terbaik”

IAIN Cirebon – Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) yang fokus pada penyusunan Borang Akreditasi Perpustakaan dengan tema “Meningkatkan Standar Kualitas dan Akses Layanan Perpustakaan Menuju Pencapaian Akreditasi Unggul.” Kegiatan ini berlangsung selama dua hari ┬ádimulai hari Kamis-Jumat tanggal 7 hingga 8 Desember 2023, di Grand Tryas Hotel, Cirebon. Di hari kedua ini tim penyusun borang akreditasi perpustakaan bersama narasumber membedah draft borang akreditasi, guna mendapatkan hasil yang maksimal. Jumat, (08/12/2023).

Kekompakan dan keseriusan tim penyusunan Borang Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, yang dipimpin oleh Sibly Maufur, M.Pd, tergambar jelas dalam keseluruhan acara BIMTEK. Kesiapan tim terlihat dari draft borang yang secara rinci dibahas per item oleh narasumber utama, Dra. Ika Candrawulan dan Dra. Siti Mulyani. Keduanya merupakan Pustakawan Ahli Madya pada DISPUSIPDA Provinsi Jawa Barat, serta berperan sebagai Asessor Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Perpustakaan Nasional RI.

Menurut Dra. Ika Candrawulan dan Dra. Siti Mulyani, tim penyusun Borang Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon hampir tidak memiliki kekurangan yang signifikan dalam draft borang tersebut. Mereka menyatakan bahwa draft borang hampir mendekati sempurna dengan dokumen dan data pendukungnya yang rata-rata lengkap, menggunakan 9 komponen instrumen.

Kendati demikian, Dra. Ika Candrawulan dan Dra. Siti Mulyani menekankan perlunya penambahan eviden yang lebih detail guna memastikan perolehan nilai yang unggul dalam proses akreditasi nantinya.

Heru Murdiyanto, M.Pd, sebagai salah satu tim penyusun borang akreditasi, bertindak sebagai moderator kegiatan BIMTEK Penyusunan Borang Akreditasi Perpustakaan. Dengan kecekatan, detail, dan sikap yang sedikit humoris, ia mempresentasikan draft dokumen borang akreditasi. Sementara itu, tim lainnya juga tidak kalah gesit dalam mencatat dan melengkapi informasi yang disampaikan oleh narasumber.

Sementara itu, Ir Hj Sunarini, M.Kom Kepala Biro AUAKIAIN Syekh Nurjati Cirebon. Beliau menyampaikan, ” Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk menyempurnakan dokumen borang, tetapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi dan kolaborasi antaranggota tim penyusun Borang Akreditasi Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Diharapkan hasil dari BIMTEK ini dapat menjadi landasan yang kuat dalam mencapai standar kualitas dan akses layanan perpustakaan yang unggul serta meraih pencapaian akreditasi yang membanggakan.” uangkap Sunarini, dalam sambutannya ketika sesi bedah draft borang akreditasi perpustakaan.