Pembukaan Festival Budaya Nusantara ICON UCE Ke-IV Tahun 2022

Sambutan Dr. Kartimi, M. Pd. (Warek I) pada kegiatan Festival Budaya Nusantara dalam rangka memeriahkan ICON UCE 2022 ke IV yang dilaksanakan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Sambutan Dr. H. Ahmad Yani, M. Ag (Ketua Pelaksana) menyampaikan sambutannya pada pembukaan Festifal Budaya Nusantara dalam rangka memeriahkan ICON UCE 2022.

 

Komitmen IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terus menguat. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), IAIN Cirebon berupaya mendorong bangkitnya sektor ekonomi berbasis UMKM. Hal itu terlihat pada gelaran International Conference on University Community Engagement (ICON UCE) 2022 yang digelar di Komplek Pascasarjana IAIN Cirebon, Senin (24/10). Puluhan UMKM dilibatkan expo pada event tersebut. Berbarengan dengan expo dari stand PTKI peserta ICON UCE 2022.

Dr. Kartimi, M.Pd (Warek I) menjelaskan, expo sengaja digelar. Tujuannya selain untuk memeriahkan ICON UCE, juga memberi wadah bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produknya. “Peserta expo dari seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam se Indonesia, OJK, BJB, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP)”.

Beliau menyatakan, IAIN Cirebon mendukung penuh kebangkitan ekonomi dari sektor UMKM. Terutama di Cirebon. Sebab, banyak produk UMKM yang dibutuhkan masyarakat kampus. Terutama UMKM yang berjualan di sekitar kampus. Apalagi, saat ini Satker IAIN Cirebon sudah berubah. Dari PNBP menjadi BLU. Sehingga, ke depan dalam impelemtasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, IAIN Cirebon bakal pula mengembangkan sektor bisnis sebagai salah satu layanan kepada masyarakat

Beliau menjelaskan, keterlibatan pelaku UMKM dalam expo juga sebagai bentuk peringatan Hari Santri Nusantara (HSN) yang belum lama ini diperingati.  “Kegiatan ini adalah Festival Budaya Santri NUSANTARA dalam rangka mendukung kegiatan ICON UCE yang ke 4 tahun 2022 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan dalam rangka memperingati Hari Santri  Nasional”.

Adapun produk yang dipamerkan di expo ialah aneka produk khas UMKM. Berupa makanan ringan, kerajinan, jajanan tradisional, hingga produk layanan keuangan dari bank yang terlibat. Serta produk akademik dari PTKI peserta ICON UCE 2022.

Sementara itu, Ketua Pelaksana ICON UCE 2022, Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag menjelaksan, perhelatan ICON UCE bagi IAIN Cirebon merupakan momentum memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Forum akademik tingkat nasional ini bakal mendorong seluruh PTKI peserta saling bertemu dan menjalin jejaring kerja sama. “Ini akan menjadi momentum berawal dari IAIN Cirebon yang dalam waktu dekat akan menjadi UIN dan kegiatan ini dalam rangka memgudkung ICON UCE. ICON UCE ini adalah konferensi internasional dalam bidang pengabdian kepada masyarakat yang mencakup 4 kegiatan”.

 

Bagikan ini: