IAIN Syekh Nurjati Cirebon Kembali Menambah Guru Besar Prof. Dr. H. Ahmad Kholik, M. Ag, Bidang Ilmu Sosiologi Hukum Islam

Jumlah Guru Besar IAIN Cirebon bertambah lagi. Ia adalah Prof. Dr. H. Achmad Kholik, M. Ag. Prof Kholik diangkat menjadi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sosiologi Hukum Islam di IAIN Cirebon per 1 April 2023 dengan angka kredit 859,5.  “Alhamdulilah atas nikmat Allah SWT, saya menjadi Guru Besar di Bidang Hukum Islam, secara spesifik Sosiologi Hukum Islam”.

Diakui Prof Kholik, proses turunnya Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tentang pengangkatan diriya menjadi Guru Besar tersebut memang panjang , yaitu sejak tahun 2020.

Hal ini, kata Prof Kholik, banyak sangat teknis yang tidak tertangani secara serius. “Baru pada proses ulang kembali pada tahun 2022 dan kemarin alhamdulillah pada April 2023 mendapat SK, semua ini adalah dalam skenario Allah SWT”.

Dijelaskan Prof Kholik, sejak awal sertifikasi dosen pada tahun 2009 silam, dirinya di bidang ilmu Hukum Islam. Sehingga, gelar profesor yang diraihnya ini memang sesuai dengan bidang keilmuannya. Bahkan, Prof Kholik memaparkan, disertasi dan penelitian termasuk jurnal yang diterbitkannya, baik nasional maupun internasional banyak berbicara tentang metodologi hukum Islam.