Workshop dan Praktikum Kewirausahaan Mahasiswa FDKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2023

Dr. Siti Fatimah, M. Hum (Dekan F-DKI) didampingi oleh Dr. Hj. Rina Rindanah, M. Pd (Wadek I), Dr. Naila Farah, M. Ag (Wadek II), dan Turasih, M. Si  pada kegiatan Workshop  dan Praktikum Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Workshop  dan Praktikum Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon diikuti oleh mahasiswa FDKI yang berlangsung selam dua hari 12-13 September 2023.

Fakults Dakwah dan Komunikasi Islam (F-DKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Workshop  dan Praktikum Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan tema “Be An Innovative Young Enterpreneur in The Digital Era” yang dilaksanakan selama dua hari yakni Hari Selasa-Rabu tanggal 12-13 September 2023. Dr. Siti Fatimah, M. Hum (Dekan F-DKI) didampingi oleh Dr. Hj. Rina Rindanah, M. Pd (Wadek I), Dr. Naila Farah, M. Ag (Wadek II), Turasih, M. Si  Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Lingkungan F-DKI. Selaku narasumber Vitadesy Anggraeni, S. K. Pm ( Institut Pertanian Bogor yang sudah lama berkarir di bidang wirausaha) dengan moderator Amelia Dwi Handayani, M. Ikom. Selasa (12-13/09/2023)

Dr. Fatimah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kewirausahaan itu sangat penting untuk kelangsungan kehidupan karena dengan berwirausaha bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita sehari-hari dan juga merupakan sunah nabi. Maka dari itu perlu kita kembangkan dan kita pelajari dengan salah satunya adalah dengan terlaksananya kegiatan workshop dan praktikum kewirausahaan ini berlangsung. Beliau berharap agar para peserta bisa menyerap pengalaman dan keilmuan pada kegiatan worksop tersebut sehingga bisa mengembangkan usahanya bagi yang sudah berusaha dan bagi yang belum punya usaha bisa mencoba berwirausaha sesuai dengan kemampuannya.

Hari Rabu tanggal 13 September 2023 peserta Workshop dan Praktikum Kewirausahaan dalam rangka sharing bisnis dan praktikum kewirausahaan berkunjung ke Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kota Cirebon yang beralamat di Jl. DR. Cipto Mangunkusumo No.20, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat dan CV Agro Mitra (Sirup Michiko) yang beralamatkan di Taman Kalijaga permai B1 no, 16, Kalijaga, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sambutan Herry Rinaldi (Kepala Bidang Perindustrian DKUKMPP Kota Cirebon) didampingi pejabat setempat menyambut baik kunjungan rombongan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan menyampaikan beberapa dukungan DKUKMPP Kota Cirebon kepada mahasiswa khususnya masyarakat kota cirebon agar UKM berkembang.

Beberapa mahasiswa antusias melihat produk UKM di Wilayah Cirebon di MALL UKM Kota Cirebon didampingi Bagian Pemasaran DKUKMPP Kota Cirebon

Adapun DKUKMPP adalah yang membantu pemerintah kota Cirebon dalammelaksanakan urusan pemerinhatan dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Daerah di bidang perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah, serta perindustrian. Rombongan mahasiswa yang diketuai oleh Turasih, M. SI (Ketua Pelaksana) didampingi staf dan Dosen disambut langsung oleh Herry Rinaldi (Kepala Bidang Perindustrian DKUKMPP Kota Cirebon) dan pejabat setempat di ruang pertemuan DKUKMPP Kota Cirebon lantai 2. Pada kegiatan tersebut mahasiswa diajak berbincang-bincang santai seputar DKUKMPP Kota Cirebon seperti beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) di beberapa daerah yang telah bekerjasama bahkan dari luar daerah seperti dari daerah Sumatera yakni Povinsi Jambi.

Kepala DKUKMPP Kota Cirebon menyambut baik kegiatan tersebut karena telah menjadikan DKUKMPP Kota Cirebon dipercaya menjadi tempat kunjungan bagi mahasiswa dalam melaksanakan praktikum kewirausahaan karena di DKUKMPP Kota Cirebon yang memiliki mitra UKM yang mena UKM telah menitipkan sampel-sampel atau produk-produk daerah sehingga bisa langsung dilihat oleh mahasiswa, barang-barang kerajinan, makanan, minuman dan lain-lain bahkan yang bernilai export seperti kerajinan ukiran pintu, tas dan lain-lain.  Kepala DKUKMPP Kota Cirebon berharap, mudah-mudahan kegiatantersebut bisa memacu mahasiswa untuk berwirausaha, karena ilmu wirausaha bukan hanya sekedar teori jadi harus terjun langsung ke lapangan.

Owner Michiko Sirup Uun Unerie menyampaikan sharing pengalaman terkait usaha-usaha yang dijalaninya dan sharing pengalaman juga oleh para mahasiswa kjepada mahasiswa lainnya.