Penyusunan SOP Pendidikan Tinggi Keagamaan: IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar Acara Konsultasi Bersama

IAIN Cirebon – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon tengah melangsungkan acara konsultasi dalam upaya penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk Kegiatan Utama Pendidikan Tinggi Keagamaan. Kegiatan ini mengacu pada Peta Proses Bisnis Kementerian Agama Republik Indonesia, bersama Biro Ortala dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI. Kamis, (16/11/2023).

Mengacu Surat undangan dari Plt. Kepala Biro Ortala dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kementerian Agama R.I, Nomor: B-1268/B.IV.2/OT.01/11/2023 tanggal 7 November 2023, rangkaian kegiatan yang dijadwalkan pada hari Rabu-Jumat, tanggal 15 s.d 17 November 2023, dimulai pukul 08.30 WIB, bertempat di Ruang Rapat Senat Lt. II Gedung Rektorat IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Acara ini bertujuan untuk merumuskan SOP yang tepat dan komprehensif dalam mengelola kegiatan utama Pendidikan Tinggi Keagamaan. Dengan mengacu pada Peta Proses Bisnis Kementerian Agama, pertemuan ini diharapkan dapat memberikan arahan yang jelas dan terstruktur dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Dalam kesempatan ini, berbagai pihak baik dari Biro Ortala dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, termasuk staf administrasi, dan pihak terkait di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, diundang untuk aktif berpartisipasi guna memberikan masukan yang konstruktif untuk penyusunan SOP yang lebih efektif.

Mengawali kegiatan, Drs. Mahmud, Analis Kepegawaian Ahli Madya IAIN Cirebon menuturkan,”kami mengundang para hadirin untuk berperan aktif dalam proses penyusunan SOP ini. Kontribusi dan pandangan yang Anda miliki akan menjadi landasan penting dalam membangun fondasi yang kuat untuk perbaikan sistem keagamaan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon”. tutur Mahmud.

Ir. Hj. Sunarini, M.Kom, selaku Kepala Biro AUAK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dalam sambutannya, Kita hadir di sini hari ini dengan semangat untuk berkolaborasi dalam merumuskan SOP yang tepat sesuai dengan Peta Proses Bisnis Kementerian Agama. Kolaborasi ini menjadi tonggak penting bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam memperkuat pijakan administratif guna meningkatkan kualitas pendidikan tinggi keagamaan di lingkungan IAIN Cirebon. ungkap rini sapaan akrab beliau.

“Marilah kita sinergikan pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki untuk mencapai hasil yang terbaik. Saya yakin, dengan kolaborasi yang baik, kita akan mampu menyusun SOP yang tidak hanya sesuai dengan tuntutan Kementerian Agama, tetapi juga relevan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman dalam pendidikan tinggi keagamaan”. pungkasnya.

Sementara itu, Ahmad Syahroni Analisis SDM paparatur Ahli Muda pada Biro Ortala Kemenag RI menyampaikan, diharapkan acara ini akan menjadi sarana yang produktif untuk bertukar ide dan wawasan, serta menjadi langkah awal yang signifikan dalam pengembangan mutu pendidikan tinggi keagamaan di Indonesia. ungkap Syahroni.

“Para pihak yang terlibat diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusiasme dan berkontribusi aktif dalam upaya penyusunan SOP yang akan memberikan dampak positif dalam perjalanan pendidikan tinggi keagamaan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon”.  ujar Syahroni.

Acara ini menjadi momentum penting bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menyusun landasan yang kokoh dalam mengelola kegiatan Pendidikan Tinggi Keagamaan, sejalan dengan standar yang diatur oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.