“Pelopor Transformasi: Perjalanan Evolusi Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Syekh Nurjati Cirebon”

Dra. Hj. Darrotul Jannah, M.Ag, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa PPB IAIN Syekh Nurjati Cirebon, yang hari ini sedang berupaya meningkatkan kompetensi para tutor PPB, dengan mengelar kegiatan Workshop dan Bimbingan Teknik Pengajaran Bahasa Asing melalui LMS. Dalam sambutannya beliau menceritakan, lahirnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, dilandasi oleh semangat mempertahankan identitas keislaman melalui penguasaan bahasa asing. Diharapkan UPT PPB mampu mengantarkan mahasiswa memiliki alat untuk menggali, menguasai, dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman melalui penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

“Perkembangan ini dimulai dengan Usaha Pengembangan Bahasa (UPB) yang dipimpin oleh KH. Affandi Muchtar pada tahun 1989 hingga 1997. Awalnya, pengembangan bahasa terfokus di Jurusan Syariah, kemudian diperluas ke Jurusan Tarbiyah pada tahun 1990 dan Jurusan Dakwah dan Ushuluddin pada tahun 1991.” ucap Darrotul Jannah.

Sejarah panjang Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) di IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah melalui berbagai fase evolusi yang mencerminkan komitmen dan perjuangan untuk meningkatkan pengembangan bahasa sejak awal berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon pada tahun 1989.

Perjalanan pengembangan ini terus berlanjut, dengan perubahan nama menjadi Unit Pengembangan Bahasa (UPB) pada tahun 1997 di bawah kepemimpinan KH. Bisyri Imam. Kemudian, dari tahun 2002 hingga 2010, UPB berubah nama menjadi Pusat Pengembangan Bahasa (PPB), dan dari 2010 hingga 2015 menjadi Pusat Bahasa dan Budaya (PBB). Hingga akhirnya, dari tahun 2015 hingga saat ini, namanya kembali menjadi Pusat Pengembangan Bahasa (PPB). lanjutnya.

Dalam rentang waktu sekitar 34 tahun ini, PPB telah mengalami berbagai perubahan dinamis dalam hal waktu pembelajaran, struktur kurikulum, dan jumlah tatap muka. Namun, keberadaan PPB juga tidak terlepas dari pro dan kontra, dengan sebagian mendukung program intensif yang dijalankan dan sebagian lainnya masih meragukan manfaat program ini. tambahnya.

Sejarah PPB juga mencatat nama-nama yang memimpin dan berkontribusi dalam pengembangan bahasa di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dengan serangkaian kepemimpinan dari KH. Affandi Muchtar, KH. Bisyri Imam, Hasan Saepulloh, Edy Setyawan, Khasan Aedy, hingga Hj. Darrotul Jannah.

Berikut sejarah dan pendahulu yang membidani dan menggawangi UPT PPB IAIN Syekh Nurjati Cirebon ;

1989-1993 Usaha Pengembangan Bahasa (UPB) KH. Affandi Muchtar

1993-1997 Usaha Pengembangan Bahasa (UPB) KH. Affandi Muchtar

1997-2001 Unit Pengembangan Bahasa (UPB) KH. Bisyri Imam

2002-2006 Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) KH. Bisyri Imam

2006-2010 Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Hasan Saepulloh

2010-2015 Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) KH. Bisyri Imam

2015-2019 Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Edy Setyawan

2019-2023 Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Khasan Aedy

2023-2027 Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Hj. Darrotul Jannah

Seiring dengan evolusi ini, PPB terus berupaya melakukan perbaikan dan pengembangan, termasuk dalam tata kelola administrasi pengajaran, peningkatan kualitas tenaga pendidik, pengembangan buku ajar, serta penyesuaian kurikulum guna meningkatkan efektivitas dalam intensifikasi pembelajaran bahasa. Ini semua merupakan komitmen yang kuat untuk memajukan pendidikan dan pengembangan bahasa di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. pungkas Darrotul Jannah.