Job Fair dan Bimbingan Karir 2023 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menyediakan Peluang Emas bagi Mahasiswa dan Alumni

IAIN Cirebon, 27 November 2023 – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon melalui Pusat Bimbingan Karir bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Cirebon, menyelenggarakan Job Fair dan Bimbingan Karir bagi mahasiswa dan masyarakat umum di halaman Ma’had Al Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Job Fair dan Bimbingan Karir ini dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai pihak diantaranya, para pimpinan di lingkungan IAIN Syekh Nurajati Cirebon, perwakilan dinas ketenagakerjaan kota Cirebon, mahasiswa dan alumni, masyarkat umum, serta perusahaan-perusahan yang sedang mencari dan membuka lowongan pekerjaan bagi peserta job fair dan bimbingan karir.

Job Fair dan Bimbingan Karir IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 27-29 November 2023. Acara ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam mengeksplorasi berbagai peluang karir, membangun jaringan profesional, dan mendapatkan wawasan tentang proses melamar pekerjaan yang baik dan benar.

Kepala Pusat  Bimbingan Karir IAIN Syekh Nurjati, Wahyono, M.Pd.I, menyatakan, “Job Fair dan Bimbingan Karir ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memberikan dukungan terbaik kepada mahasiswa dalam mengembangkan karir mereka. Kami bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan lembaga untuk membuka pintu kesempatan bagi mereka yang akan segera memasuki dunia kerja.”

Acara ini tidak hanya memberikan akses langsung ke perusahaan-perusahaan terkemuka, tetapi juga menyediakan sesi bimbingan karir yang diisi oleh Herny Novianti,M.Pd., Dosen Bimbingan dan Konselingan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sesi ini membahas berbagai aspek, termasuk penyusunan CV yang efektif, teknik wawancara, dan strategi pencarian pekerjaan yang sukses.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. H. Hajam, M.Ag, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pusat Bimbingan Karir dan Dinas Ketenagakerjaan Kota Cirebon yang telah berkolaborasi untuk menyelenggarakan kegian job fair dan Bimbingan karir ini.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan peluang bagi lulusan kami, sehingga mereka tidak menjadi mahasiswa yang pengganguran, karna kedepanya kami akan terus melakukan kerja dengan dengan perusahaan-perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi lulusan IAIN Syekh Nurjati Cirebon”. Pungkas Hajam.

Disamping itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diwakili oleh Wakil rektor II, Prof. Dr. H. Ilman Nafi’a, M. A, menyatakan, kegiatan job fair dan bimbingan karir ini akan menjadi agenda rutin IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“ Kegiatan job fair dan bimbingan karir ini merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi  mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan alumninya untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang peluang-peluang kerja, termasuk bagaimana cara mendapatkan pekerjaannya”. Pungkas Ilman.

Lebih janjut Ilman menyampaikan, dengan adanya tranformasi kelembagaan dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon menuju Universitas Siber Syekh Nurjati Cirebon, ini menjadi magnet bagi mahasiswa baru, serta magnet bagi perusahaan untuk merektut alumi sebagai tenaga kerja di perusahaan mereka.

Sebelum membuka kegiatan job fair dan bimbingan karir secara resmi, Prof. Dr. H. Ilman Nafi’a, berharap, dengan adanya kegiatan ini para mahasiswa dapat meraih peluang emas untuk memulai karir mereka setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.