Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Giatkan Pekan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Argasunya

IAIN Cirebon – Mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon telah memulai Pekan Pengabdian Masyarakat (PPM) di Kelurahan Argasunya, Kota Cirebon. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) di tingkat kelurahan. Jum’at, (03/05/2024).

Lurah Argasunya, Mardiansyah, S.A.B, menyambut baik kedatangan mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama dan mengungkapkan harapannya agar kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara rutin. Dia percaya bahwa kolaborasi antara pemerintah kelurahan dan mahasiswa dapat memberikan dampak yang signifikan dalam pembangunan dan peningkatan kualitas masyarakat.

Ketua Jurusan Sosiologi Agama, Musahwi, M.Sosio, menjelaskan bahwa kegiatan PPM adalah bagian dari praktik perkuliahan di luar kelas. Menurutnya, hal ini penting karena masyarakat adalah laboratorium bagi mahasiswa Sosiologi Agama untuk menerapkan ilmu yang dipelajari.

Rangkaian kegiatan PPM di Kelurahan Argasunya mencakup pendampingan peningkatan kualitas kesehatan, kegiatan sosial, pengembangan lingkungan, dan peningkatan motivasi belajar pada anak-anak usia sekolah. Kegiatan ini didukung oleh DT Peduli dan berbagai pihak terkait.

Ketua Himpunan Mahasiswa Sosiologi Agama menjelaskan bahwa tema PPM tahun ini adalah “BUMISWARA: Maju Bersama Membangun Pengetahuan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan Menuju SDGs”. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat serta menjadi ajang pembelajaran bagi mahasiswa.

PPM akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 3 hingga 5 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan sejak tahun 2023 dan akan terus didukung oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Sosiologi Agama, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.