Kolaborasi Strategis: Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Terima Benchmarking Kurikulum Prodi Pengembangan Pedesaan dan Ekonomi Masyarakat Politeknik Siber Cendekia Internasional  

UIN Siber Cirebon – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat jejaring akademis, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, menerima kunjungan dari Program Studi Pengembangan Pedesaan dan Ekonomi Masyarakat, Politeknik Siber Cendekia Internasional. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan benchmarking kurikulum guna memperoleh wawasan dan inspirasi bagi pengembangan pendidikan yang lebih baik di kedua institusi. Selasa,(23/07/2024).

Acara ini diawali dengan sambutan hangat dari pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Dr. Siti Fatimah, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. “Kami berharap kunjungan ini dapat membuka peluang kolaborasi lebih lanjut dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar beliau.

Selama sesi diskusi, kedua pihak membahas berbagai aspek kurikulum, termasuk metode pembelajaran, evaluasi, serta pengembangan program-program unggulan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Delegasi dari Politeknik Siber Cendekia Internasional mengapresiasi pendekatan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam yang integratif, berbasis riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam menyusun kurikulum. Mereka juga tertarik untuk mengadopsi beberapa praktik terbaik yang telah diterapkan di Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Tidak hanya diskusi kurikulum, kunjungan ini juga mencakup observasi langsung terhadap implementasi kurikulum di kelas serta tinjauan terhadap proyek-proyek pemberdayaan masyarakat yang telah berhasil dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam. Hal ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana teori dan praktik dikombinasikan secara efektif untuk menciptakan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di masyarakat.

Pada tahap lanjutan, kedua prodi siap melaksanakan kerjasama yang berkelanjutan untuk pengembangan Tridharma perguruan tinggi. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara dunia akademik dan kebutuhan masyarakat, serta menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat pedesaan dan ekonomi masyarakat.

Kolaborasi strategis ini menegaskan komitmen UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan Politeknik Siber Cendekia Internasional dalam menciptakan pendidikan tinggi yang relevan dan berdaya saing tinggi, sekaligus berkontribusi positif bagi pembangunan masyarakat.