Investasi Jangka Panjang Terus Berlanjut, KKN 88 Gelar “Pendidikan Tentang Sampah” di Madrasah Tanfirut Tughyan

UIN Siber Cirebon (Kepunduan) – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 88 dari UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon kembali menggelar program “Pendidikan Tentang Sampah” jilid 2 di Madrasah Tanfirut Tughyan. Program ini dimulai pada Senin, 29 Juli 2024, dan akan berakhir pada 3 Agustus 2024.

Awalnya, program pendidikan tentang sampah hanya direncanakan berlangsung satu sesi. Namun, melihat pentingnya investasi jangka panjang dalam edukasi tentang sampah, program ini diperpanjang untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada siswa.

Berbeda dengan jilid pertama yang hanya membahas dasar dan jenis sampah, jilid 2 ini lebih menitikberatkan pada hubungan antara kebersihan dengan ajaran agama Islam. Kepala Madrasah Tanfirut Tughyan, Ustad Roni, menyampaikan, “Menjadi sebuah harapan bersama ketika kelompok KKN 88 mau untuk berbagi ilmu dengan murid-murid madrasah dan harapan ke depannya ilmu yang disampaikan akan mampu memberikan manfaat untuk masyarakat Kepunduan.”

Dalam program ini, berbagai materi diberikan untuk mengaitkan konsep kebersihan dengan nilai-nilai agama. Misalnya, dalam materi Aqidah, peserta diajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya sebagai bagian dari sikap hablum minal ‘alam (hubungan baik dengan alam). Sementara dalam materi Sejarah Kebudayaan Islam, dijelaskan bagaimana Rasulullah selalu menjaga kebersihan sehingga jarang sakit.

Program ini tidak hanya bertujuan memberikan pengetahuan teoretis, tetapi juga memotivasi siswa untuk menerapkan praktik kebersihan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengaitkan konsep kebersihan dengan ajaran agama, diharapkan siswa lebih memahami dan menghargai pentingnya menjaga lingkungan.

Kelompok KKN 88 berharap program ini dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya kebersihan dan pengelolaan sampah yang baik. “Kami ingin program ini menjadi investasi jangka panjang yang bermanfaat bagi generasi mendatang,” ujar salah satu anggota KKN 88.

Program “Pendidikan Tentang Sampah” ini merupakan bagian dari komitmen kelompok KKN 88 untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesadaran lingkungan di masyarakat Kepunduan.