Meningkatkan Kualitas dan Kinerja Dosen, LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar FGD

Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengggelar kegiatan Focus Group Discussion tentang penilaian Indeks Kinerja Dosen (IKD), Selasa (15/3/2022), di salah satu Hotel di Cirebon.

Kepala LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ayus Ahmad Yusuf M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan FGD IKD ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan LPM dan hasil IKD akan diumumkan pada Desember 2022 pada rapat IKD nanti, dan tentunya pengumuman IKD ini akan ditunggu para dosen.

“Pada kegiatan ini kita juga mendapat suport dari sponsorship yakni BRI untuk dosen yang mendapatkan nilai IKD tinggi,” terangnya.

Dijelaskan Ayus, bahwa IKD ini menuju peningkatan pelayanan dosen kepada mahasiswa. Selain itu, juga bentuk upaya dalam mendorong dan mempercepat proses transformasi kelembagaan.

Sebagai informasi, kata Ayus, untuk menjadi universitas ini sebenarnya IAIN sudah memenuhi syarat. Tapi dalam perjalanannya ada salah satu klausul dalam PMA itu minimal 4 fakultas sedang kita baru 3 fakultas, sehingga kita harus memekarkan fakultas untuk memenuhi PMA tersebut.

Dan saat ini sedang berusaha, bahkan sedang berproses. Yakni tambahannya fakultas Adab Ushuludin dan fakultas Dakwah komunikasi Islam serta Fakuktas syariah dan Fakuktas ekonomi perbankan Islam.

“Kita juga sedang transformasi dalam hal keuangan yang juga bertransformasi ke Badan Layanan Umum (BLU) dan mohon doanya karena targetnya Oktober 2022 sudah menjadi universitas dan BLU,” kata Ayus.

Untuk itu, tandas Ayus, pihaknya melalui LPM terus bekerja, termasuk membuat 5 proposal PJJ untuk 200 mahasiswa, dan membuka 5 prodi yang akreditasinya A. Dan ini sedang berproses dan bulan April yang sudah submit sudah up.

“Kita juga sedang memprogram pelatihan-pelatiha untuk dosen. Dan silahkan ke prodi masing masing karena kita akan siapkan untuk 100 peserta. Dan proses-proses belajar sedang kita arahkan ke sana dan April ini akan ada sertifikasi dosen,” ujar Ayus lagi.

Untuk itu, kata Ayus, LPM dengan banyaknya agenda seperti itu, berharap kepada teman-teman dari fakultas dan prodi untuk meningkatkan kualitas untuk menyesuaikan transformasi ini.

Selain itu, kita juga akan membuat piagam penghargaan untuk gugus mutu yang sudah paripurna, ini untuk kenang kenangan pribadi saja.

kali saya ucapkan banyak terimakasih kepada semua yang sudah memberikan pemikiran, mendorong dan membantu demi untuk kemajuan lembaga kita ini,” tutup Ayus saat membuka kegiatan FGD tersebut.

 

Bagikan ini: