“Tinjauan Menuju Unggulan: Perpustakaan IAIN Cirebon Galang Kekuatan di BIMTEK Akreditasi”

IAIN Cirebon – Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan BIMTEK (Bimbingan Teknis) Penyusunan Borang Akreditasi Perpustakaan dengan tema “Meningkatkan Standar Kualitas dan Akses Layanan Perpustakaan Menuju Pencapaian Akreditasi Unggul”. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, dimulai hari Kamis-Jumat tanggal 7 hingga 8 Desember 2023, digelar di Grand Tryas Hotel, Cirebon.

Sesi foto bersama kegiatan Bimtek Penyusunan Borang Akreditasi Perpustakaan

Acara ini dihadiri oleh 35 peserta terdiri dari Rektor, Wakil Rektor I, Kepala Biro AUAK, Kepala Perpustakaan, Jabatan Pelaksana, dan Jabatan Fungsional Tertentu. Sibly Maufur, M.Pd, Kepala Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dalam sambutannya menyampaikan keinginan untuk mendapatkan akreditasi unggul sebagai fokus utama dalam pengembangan perpustakaan.

Sibly Maufur, M.Pd Kepala Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

“Sejak awal menjabat sebagai kepala perpustakaan, kami merencanakan langkah-langkah untuk meraih akreditasi. Hal ini menjadi prioritas kami dalam meningkatkan standar kualitas layanan perpustakaan,” ungkap Maufur dengan antusias.

Prof Dr H Aan Jaelani,M.Ag Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Prof Dr H Aan Jaelani,M.Ag, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, turut menyatakan pentingnya akreditasi perpustakaan dalam transformasi institusi menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC). Menurut Prof. Aan Transformasi Kelembagaan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UINSSC) ini memiliki 3 peran utama. Pertama Menyelenggarakan Program Pendidikan berbasis Siber, sebagai frontier advokasi gerakan OIER (Open Islamic Educational Resources), Kedua UINSSC Menyelenggarakan proses belajar mengajar berbasis digital multimedia university dalam mengembangkan PTKI sebagai knowledge creation and transformation, Ketiga UINSSC Penyelenggara program pendidikan jarak jauh (PJJ) dan pendidikan berbasis teknologi atau cyber university yang networked, digital.

“Kegiatan akreditasi perpustakaan ini menjadi salah satu indikator penting dalam pengembangan lembaga, dan semoga perjuangan tim perpustakaan membuahkan hasil yang unggul,” tegas Prof Aan.

Dra. Ika Candrawulan Narasumber/ Asessor Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI

Selain dari pemangku kebijakan, acara ini juga dikuatkan dengan hadiranya dua narasumber ahli di bidangnya, Dra. Ika Candrawulan dan Dra. Siti Mulyani, keduanya merupakan Pustakawan Ahli Madya pada DISPUSIPDA Provinsi Jawa Barat, serta sebagai Asessor Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Perpustakaan Nasional RI. Kehadiran mereka dalam bimbingan teknis penyusunan borang akreditasi perpustakaan menjadi pilar penting dalam menyampaikan wawasan mendalam terkait proses tersebut.

Melalui langkah strategis ini, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menegaskan komitmennya dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan serta meraih predikat unggul sebagai bukti konkrit dari upaya transformasi dan pengembangan institusi ke arah yang lebih baik.

Duta Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2023. Riska Chusnul Sanjaya jurusan: pengembangan masyarakat islam
semester: 3, dan Kholda Khoeriyah
jurusan: pengembangan masyarakat islam
semester: 3

 

1 Trackback / Pingback

  1. Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon Siap di Visitasi dan Akreditasi

Komentar ditutup.