Mahasiswa Tadris Matematika FITK IAIN Cirebon, Ikuti PLP Internasional

IAIN Cirebon – IAIN Syekh Nurjati Cirebon Berupaya untuk mewujudkan  menjadi World Class University (WCU) atau universitas kelas dunia terus dilakukan. Salah satu upaya nyata tersebut adalah menetapkan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Internasional bagi mahasiswa program pendidikan strata satu. Hal ini menjadi krusial karena perguruan tinggi berstatus WCU tentu diharapkan akan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di dunia, seperti perguruan tinggi di Eropa dan Amerika yang selama ini dikenal memiliki ranking terbaik di dunia.

Pada PLP Internasional tahun ini, IAIN Syekh Nurjati Cirebon memberangkatkan mahasiswa jurusan Tadris matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yaitu saudara Haris Maulana. Seorang mahasiswa tadris matematika ini yang penuh semangat dan bersemangat tinggi telah mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti Program Latihan Lapangan Profesional (PLP) Internasional di Malaysia. Dalam perjalanannya menuju negeri jiran ini, mahasiswa tersebut dipenuhi rasa bangga dan dukungan penuh dari dosen-dosen dan jurusan tadris matematika.

Sementara itu, Dr. H. Saifudin, M.Ag (Dekan FITK) menyambut baik program PLP Internasional ini. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa program PLP internasional ini sudah dicanangkan dengan matang sebagai upaya untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik di fakultas yang ia nahkodai. “PLP Internasional menjadi penting untuk diterapkan guna memperluas jaringan internasional dan mengembangkan kualitas intelektual, serta memperkuat skill berinteraksi sosial, teamwork, dan negosiasi mahasiswa,” jelasnya.

Lebih lanjut Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag menegaskan pentingnya penguatan rekognisi internasional di mana mahasiswa perlu mendapatkan akses pada academic experiential opportunity yang berorientasi global. Oleh karenanya PLP Internasional menjadi sebuah keniscayaan bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan menuju World Class University. “IAIN Syekh Nurjati terus mendorong civitas akademika dalam program dan kegiatan bertaraf global. Sebab, hal itu menjadi keharusan untuk memperluas wawasan, memperkaya pengalaman budaya, dan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam lingkungan internasional,” pungkasnya.

Sesampainya di Malaysia, mahasiswa ini segera merasakan kehangatan selamat datang dari tuan rumahnya. Kehidupan di Malaysia membawanya ke dalam lingkungan yang beragam, memungkinkannya untuk menjalin hubungan dengan mahasiswa dari berbagai negara, dan memperluas wawasan internasionalnya.

Sementara itu, mahasiswa ini menjalani berbagai kegiatan PLP yang beragam. Hari pertama yaitu pada hari Kamis, 7 September 2023 melaksanakan kegiatan pembukaan yang bertempat di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu  (SIKK), Sabah Malaysia. Setelah itu di hari kedua, kegiatannya observasi lingkungan dan kelas SIKK tetapi di hari Sabtu dan Minggunya itu tidak ada kegiatan. Dilanjut hari Senin, 11 September 2023 membantu P5 kelas 8 SMP, kegiatan tersebut berlangsung hingga 1 bulan kedepan.