Staf Khusus Menteri Agama Ajak Humas PTKIN Optimalisasi Media Sosial untuk Publikasi Kampus

IAIN Cirebon (Jakarta) – Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, mendorong humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk memaksimalkan pemanfaatan berbagai platform media sosial dalam publikasi kampus. Ajakan ini disampaikan saat memberikan materi pada acara Bimtek Pendaftaran dan Sosialisasi UM-PTKIN 2024 yang berlangsung di Hotel Harris Vertu, Jakarta, pada Kamis (16/05/2024).

Menurut Wibowo Prasetyo, humas harus mampu menyajikan konten-konten kreatif melalui media sosial masing-masing kampus, mengingat generasi Z saat ini lebih banyak mengonsumsi informasi lewat platform tersebut. “Gen Z tidak mau membaca informasi yang terlalu panjang, maka sajikan informasi yang simpel dan menarik,” ujarnya.

Wibowo juga menekankan pentingnya membangun komunikasi yang baik dengan jurnalis. “Tidak hanya pemanfaatan media sosial saja, tapi bangun jaringan dengan media mainstream untuk melakukan branding kampus,” tandasnya. Menurutnya, kolaborasi dengan media mainstream dapat memperluas jangkauan publikasi dan meningkatkan citra kampus di mata masyarakat.

Lebih lanjut, Wibowo berharap humas PTKIN melakukan publikasi secara konsisten sepanjang tahun, tidak hanya pada saat momen penerimaan mahasiswa baru. “Setiap hari terus sampaikan capaian kinerja perguruan tinggi. Mudah-mudahan dengan pemanfaatan media yang ada dapat meningkatkan pendaftar mahasiswa baru,” tambahnya.

Dengan memanfaatkan media sosial dan membangun jaringan dengan media mainstream, Wibowo yakin bahwa PTKIN dapat meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak calon mahasiswa. Ajakan ini diharapkan dapat memotivasi humas PTKIN untuk lebih aktif dan inovatif dalam menjalankan tugasnya, sehingga capaian dan prestasi perguruan tinggi dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas.