Forum Kehumasan PTKIN Se-Indonesia Siap Sukseskan PIONIR Ke-IX 2019

Foto bersama peserta Forum Kehumasan PTKIN Se-Indonesia di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Senin (15/07).

Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset IX (PIONIR IX) yang dihadiri kontingen PTKIN se-Indonesia,  sekaligus juga menggelar Rapat Kerja (Raker) Kehumasan dan pertemuan DEMA dan SEMA Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN seluruh Indonesia di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang). Hadir pada Raker tersebut Mohamad Arifin, M.Pd (Kasubbag Humas dan Publikasi IAIN Sykeh Nurjati Cirebon) didampingi stafnya. Raker Forum kehumasan PTKIN merupakan forum untuk membahas berbagai peranan Humas di lingkungan dan wilayah kerja di satuan kerja masing-masing. Pertemuan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) di tingkat Universitas adalah organisasi mahasiswa tertinggi. Seluruh Ketua DEMA-SEMA dan Kehumasan di PTKIN diundang oleh Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag (Direktur pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama). 

Para pimpinan mahasiswa tersebut juga diminta untuk memenuhi persyaratan untuk menunjang esensi pertemuan. Di antaranya, menulis essai dengan 4 tema yang sudah ditentukan sesuai pengelompokan PTKIN. Berdasarkan surat undangan Nomor: B-1904.1/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/06/2019, karya peserta nantinya akan dijadikan bahan panel diskusi dan diterbitkan jika memungkinkan.

Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A  (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI) mengatakan PIONIR IX 2019 digelar agar diantara anak bangsa saling mempererat tali silaturahim kebangsaan dan memperteguh persatuan antar PTKIN se-Indonesia.

“PIONIR diharapkan berkontribusi bagi kemajuan prestasi akademik, olahraga, dan seni serta media mencari bibit-bibit unggul dalam kancah nasional,” Ungkap Beliau.

Dari data yang berhasil dihimpun media ini tercatat 3.500 mahasiswa utusan dari 7 STAIN, 34 IAIN, dan 17 UIN bergabung di PIONIR 2019.

Ada 39 cabang yang akan dilombakan dan dipertandingkan, yang terbagi dalam empat kategori, yaitu cabang Ilmiah, Olahraga, Seni dan cabang Riset. Cabang Ilmiah meliputi 7 jenis: Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Debat Konstitusi, Business Plan, Musabaqah Qiroatil Kutub, Musabaqah Karya Tulis Al-Qur’an dan Musabaqah Fahmil Qur’an.

Sedangkan untuk Cabang Olahraga ada 12 lomba: Bola Voli, Futsal, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Sepak Takraw, Basket, Karate, Pencak Silat, Tae Kwon Do, Panjat Dinding dan Lempar Pisau.

Sementara Cabang Seni, 13 lomba: Kaligrafi, Desain & Peragaan Busana Islami, Duta PTKIN, Musabaqah Hifdzil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Puitisasi Al-Qur’an, Musikalisasi Hadits, Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Pemilihan Dai Mahasiswa, Film Pendek dan Hadrah.

Adapun untuk cabang riset ada 4 jenis lomba yaitu: Karya Tulis Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial, Karya Tulis Ilmiah Sains dan Teknologi, Karya Inovatif, dan Inovasi Media Pembelajaran.

Bagikan ini: