IAIN Cirebon Lakukan Penanaman Pohon dengan Tema ” Hijau Kampusku, Semangat Kuliahku”

REKTOR IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg melakukan penanaman pohon secara sombolis di tanah milik kampus setempat saat peringatan HAB Kemenag RI ke-75 yang diproyeksikan untuk pembangunan 3 fakulas, Selasa (5/1/2021).
CIREBON,  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon melakukan penanaman pohon di tanah yang berlokasi di Jalan Kandangprau, Kelurahan Karyamulya Kota Cirebon.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menjelaskan, ada dua hal yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan penanaman pohon ini.

Dr. H. Sumanta, M. Ag (Rektor) IAIN Syekh NUrjati Cirebon foto bersama dengan Stakeholder dalam acara Penanaman Pohon di daerah GSP Kelurahan Karyamulya Cirebon

“Yang pertama adalah dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) yang bertema Indonesia Rukun,” jelasnya kepada Suara Cirebon di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, sebagai bagian dari Kementerian Agama, pihaknya harus bisa merefleksikan kehidupan beragama secara harmonis.

Dr. H. Saefuddin Zuhri, M. Ag (Wakil Rektor I) IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam acara penanaman pohon Hijau Kampusku, Semangat Kuliahku

Kemudian, lanjut Sumanta, yang kedua adalah sebagai bentuk rasa syukur dapat memiliki tanah di lokasi tersebut untuk pengembangan kampus. Karena, dia mengungkapkan, di lahan ini akan dibangun gedung untuk 3 fakuktas baru yang akan dibentuk.

Dr. Kartimi, MPd (Wakil Rektor II) didampingi Kepala BIro AUAK dan Ketua LPPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam acara Penanaman Pohon

“Yaitu di lokasi ini akan dibangun Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam,” ungkapnya.

Pembangunan kampus tersebut, jelas Sumanta, akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang. Pasalnya, di tahun 2021 ini anggaran masih terdampak refocusing untuk penanganan Covid-19.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita bisa berkarya,” ujarnya.

Dr. H. Ilman Nafi’a, M.Ag (Wakil Rektor III) didampingi ketua LPPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam Acara Penanaman Pohon

Sementara itu, Pranata Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Mohamad Arifin MPdI mengungkapkan, penanaman pohon di laham seluas 8.450 meter persegi tersebut berasal dari sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kampus setempat.

“Penanaman ini bertujuan untuk penghijauan kampus. Sehingga ketika dilakukan pembangunan pada tahun 2022 mendatang, pohon-pohon tersebut sudah besar. Tentu sumbangan pohon dari CPNS ini sangat bermanfaat untuk penghijauan di kampus ini,” tandasnya.

Drs. H. Subarja, M.Pd Kepala Biro AUAK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam semangat Hijau Kampusku, Semangat Kuliahku
Bagikan ini: