LPPM IAIN SYEHK NURJATI CIREBON GELAR RAMADHAN MENYAPA ON THE SPOT DENGAN PARA MARBOT MASJID

Seperti biasa dan sesuai agenda Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (PPkM) LP2M IAIN Syekh Nurjati mengadakan kegiatan Ramdhan Menyapa On The Spot session yang ke enam. Kesempatan ini berlokasi di Jalan Ciremai Raya Kelurahan Larangan Harjamukti, tepatnya di Masjid Nurul Amal. Rabu (28/04/21).

Ada yang berbeda dengan agenda Ramadhan Menyapa On The Spot edisi keenam ini, dalam kesempatan ini LP2M menghadirkan dan bisa menyapa para marbot Masjid sekitar 30 orang sebagai tamu undangan untuk hadir dalam kegiatan tersebut, dan berkesempatan mendapatkan paket sembako dari LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), H. Mahbub Nuryadien, M.Ag., Kasubag LP2M IAIN Bapak H. Ibnu Sina, M.Si, dan Sekretaris PD DMI Kota Cirebon Bapak Didi Sunardi, SE sekaligus Wakil Sekretaris PW DMI Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Bapak H. Mahbub Nuryadien, M.Ag menyambut atas nama LP2M. “Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, khususnya pengurus DKM Masjid Nurul Amal yang sudah bersedia menjadi tempat kegiatan Ramadhan Menyapa On The Spot ini, termasuk kepada Telkomsel yang selalu rutin terus ikut andil sehingga kegiatan session keenam ini”. Ujar beliau dalam sambutannya yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al Mutawally Cilimus Kuningan.

“Kegiatan Ramadhan Menyapa ini sudah berjalan selama 12 tahun, dan di tahun ini Alhamdulillah kami bisa menambah format kegiatan yang lebih variatif. Selama duabelas tahun Ramdhan Menyapa ini kegiatannya hanya live di RCTV, tetapi pada tahun ini kami bisa turun ke lapangan Menyapa kamunitas-komunitas tertentu, seperti Anak Yatim, Abang Ojol, Abang Becak, Panti Jompo, dan Marbot Masjid”. Ujar beliau.

Kegiatan yang dirancang dengan term Dakwah, Edukasi, dan Solidarity ini seperti biasa diisi dengan Materi. Session keenam ini materi disampaikan oleh H. Mahbub Nuryadien, M.Ag. Topik materi pada yang disampaikan Puasa sebagai Sarana Tazkiyatunnafs.

Puasa adalah Ibadah khusus dan berbeda dengan ibadah lainnya. Puasa akan dinilai langsung oleh Allah Swt. Puasa adalah rahasia antara seorang hamba dengan Rabbnya yang tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Amalan puasa berasal dari niat batin yang hanya Allah saja yang mengetahuinya dan dalam amalan puasa ini terdapat bentuk meninggalkan syahwat, menjaga lisan dari ucapan kotor dan keji, mata dari memandang sesuatu yang mengandung maksiat, lebih utama lagi dalam ibdah puasa ini adalah Hati terus dijaga dari hal-hal yang membatalkan nilai atau pahala puasa, seperti meninggalkan ghibah (menceritakan keburukan orang lain), namimah (adu domba), Fitnah, sifat takabbur (sombong), dan sebagainya . Dari sudut pandang ini, Ibadah puasa bisa menjadi sarana penyucian hati atau jiwa.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan Paket sembako kepada para Marbot Masjid sekitar kelurahan Harjamukti, penyerahan secara simbolik diberikan oleh H. Mahbub Nuryadien, M.Ag kepada Bapak Udin Syamsudin perwakilan Pengurus DKM Nurul Amal, dan dilanjut dengan Buka Puasa Bersama.

Bagikan ini: